Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Mahasiswa Arsitektur UM Kendari Sukses Gelar Seminar Metaverse dan AI untuk Desain Virtual

Mahasiswa Arsitektur UM Kendari Sukses Gelar Seminar Metaverse dan AI untuk Desain Virtual
Seminar Metaverse dan AI Mahasiswa Arsitektur UM Kendari. Foto: Istimewa.

Kendari – Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari sukses menyelenggarakan seminar dan pelatihan Metaverse Arsitektur dengan tema menggabungkan Metaverse ke dalam ‘3D Modelling’ yang dilanjutkan dengan materi ‘Artificial Intellegent (AI)’ untuk visualisasi desain arsitektur, Senin (17/7/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Arsitektur UM Kendari dan disponsori oleh ArchTech. Pada acara tersebut, hadir dua dosen Arsitektur UM Kendari sebagai pemateri, Ir. Ahsan Hidayat Setiadi, dan Ir. Andi Al Mustagfir Syah. Kedua pemateri ini berbagi pengetahuan dan wawasan mereka tentang Metaverse Arsitektur, 3D Modelling & AI pada desain Arsitektur, sebuah konsep inovatif yang mengintegrasikan dunia nyata dengan dunia virtual.

Ahsan sebagai pemateri pertama, membahas peran Metaverse Arsitektur yang dapat memvisualisasikan output desain dari 3D modelling ke dalam virtual reality Metaverse yang dilanjutkan dengan materi AI pada desain arsitektur. Dalam presentasinya, Ahsan menjelaskan pentingnya Metaverse terhadap Arsitektur dalam menciptakan desain virtual yang realistis.

“Salah satunya, mahasiswa dapat langsung merasakan lingkungan nyata dari desain yang telah dirancang sehingga hal ini dapat menambah wawasan serta skill arsitektur bagi mahasiswa,” bebernya, Senin (17/7).

Sementara itu, Andi Al Mustagfir sebagai pemateri kedua dari ArchTech, membahas peran kecerdasan buatan AI dan 3D modelling sebagai media awal sebelum dilanjutkan ke tahap visualisasi Metaverse.

Baca Juga:  Pemuda Muhammadiyah Sultra Resmi Membuka Diklatsar Perdana Kokam Sultra

“3D modelling merupakan suatu skill fundamental yang harus diketahui oleh mahasiswa arsitektur guna menunjang kemampuan desain dalam proses visualisasi rancangan tugas mata kuliah di jurusan Arsitektur,” ujar dia.

Dalam seminar ini, mahasiswa arsitektur UM Kendari mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang Metaverse Arsitektur dan bagaimana integrasi 3D modelling dan AI dapat memperkaya desain virtual. Mahasiswa juga melihat peluang baru dalam menciptakan desain arsitektur yang lebih inovatif dan efisien dengan bantuan teknologi ini.

Ketua Himpunan Arsitektur Aprial Rahmat menuturkan seminar Metaverse Arsitektur ini memberikan wawasan baru kepada mahasiswa arsitektur UM Kendari tentang potensi penggunaan 3D modelling dan AI dalam desain virtual.

“Harapannya pengetahuan yang diperoleh dari acara ini akan memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang desain arsitektur yang inovatif,” ungkapnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten