Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Mahasiswa KKN Ilmu Lingkungan UHO Kembangkan Agroekowisata di Desa Aunupe Konsel

Mahasiswa KKN Ilmu Lingkungan UHO Kembangkan Agroekowisata di Desa Aunupe Konsel
KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022 bersama warga Desa Aunupe. Foto: Istimewa.

Konawe Selatan – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) jurusan Ilmu Lingkungan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) mengembangkan konsep agroekowisata di Desa Aunupe, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator Desa KKN, Gian Pondondopi menjelaskan konsep ini dia kembangkan bersama mahasiswa lain dan dosennya karena melihat potensi pertanian dan perkebunan di Desa Aunupe.

“Jadi program kerja yang kami jalankan adalah bagaimana cara pengelolaan daerah agroekowisata berbasis lingkungan di daerah pertanian Desa Aunupe,” kata Gian kepada Kendariinfo, Kamis (8/9/2022).

KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022 saat melaksanakan program kerjanya.
KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022 saat melaksanakan program kerjanya. Foto: Istimewa.

Gian menjelaskan agroekowisata tidak jauh berbeda dengan agrowisata yaitu aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Nah kalau agroekowisata itu dia sistem agrowisata yang berbasis ekologi yang menerapkan konsep-konsep lingkungan dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan, salah contohnya itu pengelolaan sampah hasil pertanian agrowisata untuk diolah kembali agar berguna untuk daerah agrowisata itu,” jelas Gian.

Konsep agroekowisata ini mengedepankan keberlanjutan ekologi. Ada prinsip konservasi, edukasi lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat lokal karena Desa Aunupe berbatasan langsung dengan Hutan Wolasi.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN ini melaksanakan beberapa sub-program kerja antara lain pengelolaan sampah origanik dan anorganik meliputi pembuatan ecoenzim dari limbah pertanian sayur dan buah, pembuatan pupuk kompos organik padat dari limbah pertanian dan perkebunan, pembuatan ecobrick atau bata ramah lingkungan, dan sosialisasi agroekowisata.

Baca Juga:  Melihat Fenomena Bulan Biru yang Muncul di Langit Kendari

“Biogas dapat menjadi salah satu alternatif pengganti gas LPG pada rumah tangga, kemudian ecoenzim yang dapat menjadi pembasmi hama pada pertanian dan juga sebagai pembersih perabotan rumah tangga,” tambahnya.

Selain itu, mereka juga membuatkan website untuk desa untuk memperkenalkan Desa Aunupe beserta potensinya kepada khalayak luas.

Seluruh hasil program kerja tersebut resmi diserahkan kepada masyarakat Desa Aunupe pada acara penarikan KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022, Sabtu (3/9) lalu.

KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022 saat melaksanakan program kerjanya.
KKN Tematik Ilmu Lingkungan FHIL UHO 2022 saat melaksanakan program kerjanya. Foto: Istimewa.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten