Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Mahasiswa UHO Bersama BPOM Sultra Sosialisasikan Bahaya Obat Keras pada Siswa di Soropia

Mahasiswa UHO Bersama BPOM Sultra Sosialisasikan Bahaya Obat Keras pada Siswa di Soropia
Foto bersama sosialisasi narkotika dan obat keras pada siswa SMAN 1 Soropia. Foto: Istimewa.

Konawe – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan IX Universitas Halu Oleo (UHO) berkolaborasi dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar sosialisasi bahaya penggunaan narkotika dan obat keras kepada siswa SMA di Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Jumat (19/5/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan peningkatan pemahaman tentang penyalahgunaan narkotika dan obat keras pada remaja di SMA Negeri 1 Soropia.

Mahasiswa PSPPA angkatan IX melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di bawah bimbingan dosen Prof. Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si dan Apt. Rifa’atul Mahmudah, S.Farm., M.Farm.

Dra. Hasnah Nur, Apt., MPH sebagai narasumber dari BPOM menyampaikan materi tentang mengenali obat dan waspada obat ilegal/palsu, yang di dalamnya berisi edukasi bahaya penyalahgunaan obat dan narkotika, membeli dan tebus obat di sarana resmi pelayanan kefarmasian seperti apotek maupun instalasi farmasi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa obat akan dapat menjadi racun jika penggunaan tidak tepat dan dosisnya berlebihan, sehingga pemberian dan penggunaan obat harus tepat indikasi, tepat obat, tepat dosis, tepat waktu, dan tepat cara pemberian atau penggunaannya.

Baca Juga:  Partai Gerindra Bakal Prioritaskan Kader Tarung Pilkada Sultra 2024

“Obat tidak boleh diminum sembarang dan jika tidak diperlukan karena efek sampingnya yang berbahaya. Kalian wajib untuk hidup sehat melalui pola makan dan menerapkan back to nature,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri siswa-siswi maupun guru SMA Negeri 1 Soropia yang juga diperkenalkan cara untuk mengenali produk obat dan makan melalui “CekKLIK” yang berarti cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar, dan cek Kemasan, untuk menciptakan hidup yang lebih sehat.

BPOM dan mahasiswa Prodi Apoteker UHO berharap, dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman remaja mengenai bahaya obat keras dan narkotika. Dengan meningkatnya pemahaman remaja pesisir Soropia ini dapat membentuk generasi yang lebih baik dan sadar akan pentingnya kesehatan.

Mahasiswa PSPPA angkatan IX yang melakukan kegiatan pengabdian ini adalah Andi Arjun Pratama, S.Farm, Mulidah Widiasari Bachtiar, S.Farm, Sitti Musrinawati Basri, S.Farm, Amni Wahyuni, S.Farm dan Inayah Putri Amelia, S.Farm.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten