Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

Perayaan HUT ke-58 Sultra Berhasil Terselenggara, Pihak EO Menyisakan Utang Rp703 Juta

Perayaan HUT ke-58 Sultra Berhasil Terselenggara, Pihak EO Menyisakan Utang Rp703 Juta
Puluhan ribu warga hadiri penutupan HUT Sultra ke-58 di Kota Baubau. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (28/5/2022).

Sulawesi Tenggara – Di balik keberhasilan penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dirangkaikan dengan Tapak Tilas Oputa Yi Koo di Alun-alun Kotamara, Kota Baubau rupanya menyisakan utang sebesar Rp703 juta kepada D’Cool Management selaku vendor acara.

Utang ratusan juta itu belum dibayarkan oleh Kiramedia selaku Event Organizer (EO) atau penyelenggara acara kepada vendor sejak empat bulan lalu saat pagelaran HUT ke-58 Sultra usai.

Direktur Utama D’Cool Management, M Polya Djamal menuturkan, kewajiban yang belum dibayarkan oleh pihak EO adalah biaya produksi yang meliputi penyewaan sewa tenda, sound system, dekorasi, panggung dan perlengkapan lainnya.

Penampilan Band Tipe-X dalam HUT Sultra ke-58 yang dihadiri puluhan ribu warga.
Penampilan Band Tipe-X dalam HUT Sultra ke-58 yang dihadiri puluhan ribu warga. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (28/5/2022).

“Alasan pihak penyelenggara acara (Kiramedia) katanya dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra yang saat itu masih dipimpin Pak Asrun Lio belum membayarkan kewajibannya,” tutur pria yang akrab disapa Uya itu kepada Kendariinfo melalui sambungan telepon, Rabu (14/9/2022).

Uya mengungkapkan, saat pihaknya mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra untuk memastikan pembayaran itu, jawaban yang diterima bahwa kewajiban itu telah diselesaikan.

“Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bilang kalau anggaran itu sudah terbayarkan semua,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya dijanjikan oleh Kiramedia bahwa sisa pembayaran senilai Rp703 juta akan dimasukkan ke dalam perubahan atau penganggaran baru. Namun hingga saat ini janji tersebut tak kunjung terealisasi.

“Utang itu sebenarnya Rp903 juta, tapi bulan lalu pihak EO sudah bayarkan Rp200 juta, jadi sisanya masih ada Rp703 juta yang belum terbayarkan hingga saat ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Anawonua Jaring Bakat Model Cilik Lewat Lomba Fashion Show

Lebih jauh Uya membeberkan, pada peneyelenggaraan HUT ke-58 Sultra itu pihaknya juga menyediakan 85 tenda yang disiapkan, dengan biaya sewa dibebankan kepada EO Rp5 juta per tenda.

“Padahal dari mereka kemudian 85 tenda itu dijual lagi ke OPD dengan harga Rp25 juta per tenda,” bebernya.

Ia menyebut, jika tidak ada iktikad baik dari Kira Media untuk melakukan pelunasan kewajiban itu, maka pihaknya akan menempuh jalur hukum untuk proses penyelesaiannya.

“Kami masih menunggu iktikad baik dari mereka, tapi kalau betul-betul tidak ada kami akan secara tegas menempuh jalur hukum,” tegas Uya.

Sementara itu, pihak Inal Tora selaku Pelaksana Teknis kegiatan HUT ke-58 Sultra yang berhasil dihubungi Kendariinfo tidak menepis tudingan utang senilai ratusan juta itu. Namun, dirinya tidak dapat memberi keterangan lebih rinci mengenai utang tersebut.

ADVERTISEMENT

“Memang saat acara itu saya selaku Pelaksana Teknis di lapangan dari Kiramedia. Tapi soal di mana dan bagaimana anggaran bisa ditanyakan langsung ke Mba Isei. Saya hanya bisa menjelaskan bahwa memang ada tunggakan utang Kira Media ke D’Cool Management sebesar Rp703 juta,” ucap Inal melalui sambungan telepon.

Lanjut Inal, dirinya masih terus membangun komunikasi dengan pihak D’Cool Management untuk membantu penyelesaian persoalan utang piutang ini. Sejak awal vendor menuntut haknya, ia membantu mempertemukan kedua pihak, sampai terjadi pembayaran awal sebesar Rp200 juta.

Baca Juga:  Hilang 3 Hari, Remaja yang Terseret Arus di Sungai Konaweha Ditemukan

“Informasi yang saya dapat bahwa saat ini Kira Media tengah berusaha menyelesaikan dengan cara berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, seperti apa jalur penganggaran untuk menuntaskan tunggakan itu. Intinya ini lebih ke persoalan internal,” katanya.

Lebih jauh, Inal menyampaikan bahwa dari 85 tenda yang disediakan pihak vendor hanya ada 75 terisi. Karena hanya sebatas itu instansi yang mengikuti perayaan HUT ke-58 Sultra pada saat itu.

“Pembayarannya pun memang masih ada beberapa yang menunggak, karena mungkin keterbatasan anggaran mereka. Jadi beberapa instansi yang belum menyelesaikan tanggungannya ke Kira Media selaku penyedia jasa untuk stan pameran,” sambungnya.

Hingga berita ini ditayangkan Penanggung Jawab Event Organizer (EO) Kiramedia, Isei Audrey Natanti yang dihubungi Kendariinfo baik melalui sambungan telepon maupun pesan WhatsApp belum memberi tanggapan atas tunggakan utang senilai Rp703 juta itu.

Dihadiri Puluhan Ribu Warga, Penampilan Band Tipe-X Jadi Penutup HUT Sultra ke-58

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten