Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

Minggu ke-3 Vaksinasi PMK, Dinas Pertanian Kendari Telah Vaksin 150 Ekor Sapi

Minggu ke-3 Vaksinasi PMK, Dinas Pertanian Kendari Telah Vaksin 150 Ekor Sapi
Vaksinasi PMK di Kecamatan Poasia. Foto: Istimewa.

Kendari – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pertanian Kota Kendari telah melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sejak 24 Oktober 2022 lalu. Hingga minggu ketiga pelaksanaan, Dinas Pertanian telah menyuntikkan vaksin pada 150 ekor sapi yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Kendari.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kendari, Santiwati menjelaskan bahwa saat ini pihaknya bakal melakukan vaksinasi terhadap 1000 ekor sapi sebagai target yang dibebankan untuk Pemkot Kendari.

“Data terakhir kemarin kami jalan, sudah 150 ekor yang telah divaksin, kami terkendala karena Minggu kemarin hujan, jadi giat vaksin kami tidak terlaksana,” katanya kepada Kendariinfo, Rabu (9/11/2022).

Santiwati menambahkan, pihaknya tidak menentukan jadwal khusus terhadap kegiatan vaksinasi yang mereka lakukan. Dinas Pertanian Kendari hanya melakukan penyisiran dengan tim yang sudah siap, sehingga apabila wilayah yang dikunjungi terdapat sasaran vaksinasi, pihaknya bakal langsung memberi tindakan.

“Jadi lokasinya yang sudah kami sisir tersebar di sebagian Kelurahan Tobimeita, Poasia, Kambu, Baruga, dan Purirano. Masih banyak yang belum kami sisir karena kesediaan peternak yang kami arahkan untuk menyiapkan kandang jepitnya,” tambahannya.

Saat ini kendala yang dihadapi oleh Tim Vaksinasi PMK dari Dinas Pertanian Kota Kendari yaitu kesulitan menemui sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, lantaran hewan ternak tersebut pada pagi hari dilepas pemiliknya untuk mencari makan ke hutan, sehingga ketika tim tiba, sapi sudah tidak ada di lokasi.

Baca Juga:  Tim Karate Bank Sultra Borong Juara di Turnamen Lemkari Sulsel

“Jadi kami telah bersurat di semua kelurahan di Kota Kendari untuk mengimbau warganya yang memiliki sapi untuk di vaksin PMK sehingga harus diikat di kandang dahulu,” pungkasnya.

Hindari PMK, Bulan Ini Pemkot Kendari Bakal Lakukan Vaksinasi Ternak

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten