Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Pemerintah Bangun Sistem Pengendali Banjir dari Hulu ke Hilir di Sungai Wanggu

Pemerintah Bangun Sistem Pengendali Banjir dari Hulu ke Hilir di Sungai Wanggu
Sistem pengendali banjir dari hulu ke hilir. Foto: Kementerian PUPR.

Kendari – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari saat ini tengah membangun sistem pengendalian banjir di Kota Kendari.

Pengendalian banjir ini dibangun dari hulu ke hilir pada daerah aliran Sungai Wanggu yang merupakan sungai utama yang melintasi Kota Kendari.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (1/7/2021), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, terkait penanganan banjir di Indonesia harus dilakukan secara terintegrasi berdasarkan satuan wilayah sungai dari hulu ke hiir tanpa dibatasi wilayah administrasi.

Dia pun berharap koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk penanganan banjir ini.

“Menurut saya rencana penanganan banjir Kota Kendari ini sangat bagus dan lengkap. Harapannya bisa jadi contoh untuk pengendalian banjir perkotaan di wilayah lainnya,” katanya, Rabu (30/6/2021).

Pembangunan sistem pengendali banjir ini dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir. Di bagian hulu dan tengah sedang dibangun enam check dam yang berfungsi sebagai pengendali sedimen agar kapasitas sungai tetap terjaga dan mengurangi sedimentasi di muara sungai.

Di bagian hulu pula akan dibangun Kolam Retensi Baruga/Nangananga yang saat ini masih pada tahan penyusunan dokumen lingkungan.

Pada bagian tengah terdapat Kolam Retensi Boulevard yang telah rampung. Sedangkan di hilir akan dilengkapi dengan tanggul sungai hingga muara.

Baca Juga:  2 Hari Dilanda Hujan, 3 Kelurahan di Baubau Terendam Banjir hingga 1,5 Meter

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten