Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

Peringati Hari Mangrove Sedunia, PT DSSP Power Kendari Tanam 20.000 Bakau dan Transplantasi Karang

Peringati Hari Mangrove Sedunia, PT DSSP Power Kendari Tanam 20.000 Bakau dan Transplantasi Karang
Suasana penanaman mangrove di sekitar pesisir PT DSSP Power Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (26/7/2023).

Konawe Selatan – Memperingati Hari Mangrove Sedunia, PT DSSP Power Kendari melakukan kegiatan penanaman 20.000 bibit pohon mangrove dari tempat penyemaian bibit mandiri milik perusahaan dan juga transplantasi terumbu karang dengan menggunakan media beton yang terbuat dari bahan limbah abu batu bara, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilakukan oleh PT DSSP Power Kendari pada tahun 2021 yang melakukan penanaman sebanyak 10.000 pohon mangrove dan transplantasi terumbu karang dengan metode web spider.

“Penanaman Mangrove dan transplantasi terumbu karang pada tahun 2023 ini adalah kegiatan lanjutan dan bagian dari roadmap yang telah disusun oleh PT DSSP Power Kendari sejak awal program dijalankan, khusus untuk transplantasi terumbu karang, kami menggunakan metode fish apartment,” kata Plant Head PT DSSP Power Kendari, I Made Ngurah Wahyu Avandana.

Pengikatan bibit karang pada fish apartement yang diinisiasi oleh PT DSSP Power Kendari.
Pengikatan bibit karang pada fish apartement yang diinisiasi oleh PT DSSP Power Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (26/7/2023).

Langkah tersebut adalah bagian dari komitmen PT DSSP Power Kendari dalam merestorasi lingkungan pesisir dan kehidupan di bawah laut di sekitar wilayah operasional PT DSSP Power Kendari, apalagi mengacu pada hasil survei awal yang dilakukan, terumbu karang yang ada di sekitar wilayah Desa Tanjung Tiram dan Wawatu sebagian telah mengalami kerusakan karena aktivitas pengeboman ikan oleh oknum nelayan yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Busel Diguncang Gempa Berkekuatan 3,6 Skala Richter

“Kami menyusun sebanyak 100 fish apartment, di mana satu fish apartment terdiri dari 32 beton yang terbuat dari bahan limbah abu batubara dengan diameter lingkar seluas 1,5 meter. 100 fish apartment ini setelah dikalkulasikan dapat menutup kurang lebih 1.700 meter persegi wilayah laut sehingga diharapkan dapat menjadi taman laut untuk mengundang ekosistem kehidupan laut yang lebih besar,” lanjutnya.

PT DSSP Power menggandeng Langkoe Diving Club (LDC) sebagai mitra dalam program transplantasi terumbu karang, di mana program transplantasi tidak hanya akan berhenti pada pembuatan fish apartment tetapi juga dalam proses monitoring secara berkala dan pelaporan perkembangan ekosistem laut di sekitar lokasi operasional PT DSSP Power Kendari.

“Ini adalah bentuk komitmen PT DSSP Power Kendari untuk menjalankan operasi bisnisnya secara berkelanjutan dengan melakukan restorasi terhadap terumbu karang dan hutan bakau yang ada di wilayah sekitar PT DSSP Power Kendari,” pungkasnya.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan Independent Power Producer (IPP) PLTU berkapasitas 2 x 50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sultra melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara – Sulawesi Bagian Selatan.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten