Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Pj. Bupati Bombana Launching Kabaena Terang, Warga Mulai Nikmati Listrik 24 Jam

Pj. Bupati Bombana Launching Kabaena Terang, Warga Mulai Nikmati Listrik 24 Jam
Pj. Bupati Bombana, Burhanuddin meluncurkan PLN Kabaena Terang 24 Jam di Kelurahan Sikeli. Foto: Kendariinfo. (5/11/2023).

Kabaena – Penjabat (Pj.) Bupati Bombana, Burhanuddin meluncurkan PLN Kabaena Terang 24 Jam di Kelurahan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat atau Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Minggu (5/11/2023). Peluncuran itu dihadiri oleh OPD Pemkab Bombana, PLN UP3 Baubau hingga stakeholder.

Burhanuddin menjelaskan setelah peluncuran program itu, semua warga Pulau Kabaena nantinya akan menikmati listrik menyala hingga 24 jam. Ia mengatakan selama ini warga di pulau ini hanya mendapatkan pasokan listrik tidak kurang 15 jam.

Ia menuturkan program Pulau Kabaena dialiri listrik 24 jam merupakan janjinya terhadap masyarakat Pulau Kabaena. Di mana sebelumnya, Burhanuddin sempat mengunjungi Pulau Kabaena dan menjanjikan akan merealisasikan warga untuk mendapatkan listrik 24 jam.

“Waktu di Tangkeno saya janjikan selama saya ada di Bombana, Pulau Kabaena akan terang 24 jam, hari ini saya buktikan,” ungkap Burhanuddin di sela-sela launching PLN Kabaena Terang 24 Jam, Minggu (5/11).

Ia menjelaskan Pulau Kabaena dialiri listrik 24 jam sedianya terlaksana pada 2027, tapi mengingat kebutuhan penerangan bagi masyarakat cukup mendesak, sehingga dirinya mengebut penuntasan program ini.

Akhirnya, berkat kerja keras semua pihak, program tersebut bisa terealisasi di bulan November 2023 ini. Terlebih adanya dukungan seluruh unsur masyarakat sehingga bisa terealisasi.

Ia mengatakan banyak efek domino dari penerangan 24 jam, seperti berjalannya UMKM secara maksimal. Selain itu, pelayanan kesehatan, termasuk sektor pendidikan, dan kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. Angka kemiskinan juga diharapkan menurun dengan penerangan 24 jam tersebut.

Baca Juga:  Diresmikan Ali Mazi, Sultra Kini Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

“Jadi bisa meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan warga. Bahkan kami berharap dengan penerangan ini juga bisa menurunkan angka kemiskinan,” ujar dia.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Baubau, Agus Priyanto menjelaskan untuk menerangi 24 jam di Pulau Bombana, PLN harus menambah daya. Awalnya, masyarakat hanya menikmati listrik selama 15 jam lamanya.

Tapi dengan adanya penambahan daya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) masyarakat bisa merasakan listrik selama 24 jam.

“Jadi dengan kapasitas yang ada sebelumnya warga hanya menikmati listrik 12 sampai 15 jam saja, tapi dengan tambahan mesin kini warga bisa menikmati penerangan listrik selama 24 jam,” ujarnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten