Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Bisnis

Polsek Rumbia Pastikan Apotek dan Toko Tak Jual Obat Sirop

Polsek Rumbia Pastikan Apotek dan Toko Tak Jual Obat Sirop
Polsek Rumbia memastikan apotek dan toko tidak menjual obat sirop. Foto: Polres Bombana. (25/10/2022).

Bombana – Polsek Rumbia Polres Bombana melakukan patroli ke sejumlah apotek di wilayah hukumnya untuk memastikan penjualan obat sirop yang dilarang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Selasa (25/10/2022).

Kapolsek Rumbia AKP Zainal Abidin mengatakan, pihaknya melakukan imbauan pada apotek, toko, minimarket, dan masyarakat sekitar agar lebih waspada. Sebab, baru-baru ini dikabarkan bahwa ada dua anak yang meninggal di Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga akibat meminum obat sirop.

“Hari ini kami turun ke sejumlah apotek, toko, minimarket dan juga terjun di masyarakat untuk melakukan edukasi tentang sejumlah merek yang telah ditarik peredaran oleh BPOM,” kata AKP Zainal Abidin melalui keterangan resminya, Selasa (25/10).

Imbauan itu dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Larangan Bagi Apotek Menjual Obat Jenis Sirop.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra dr. Putu Agustin Kusumawati mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan dua kasus tersebut diakibatkan gagal ginjal akut pada anak. Dia menyebut, pihaknya sudah mengambil sampel darah serta obat-obatan yang pernah diminum sebelumnya oleh dua anak tersebut.

“Sudah dilaporkan ke Kemenkes dan menunggu konfirmasi,” jawabnya saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (22/10) lalu.

Ia mengimbau kepada masyarakat di Sultra untuk sementara tidak mengonsumsi obat dalam bentuk sirop sampai hasil laboratorium keluar.

Penulis
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten