Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

PT DSSP Power Kendari Ajarkan Teknologi Pembangkit Listrik ke Perguruan Tinggi

PT DSSP Power Kendari Ajarkan Teknologi Pembangkit Listrik ke Perguruan Tinggi
Suasana kunjungan industri oleh Universitas Halu Oleo Kendari dan Universitas Muhammadiyah Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendairinfo. (27/9/2023).

Konawe Selatan – Sebanyak 80 orang mahasiswa dari dua universitas berbeda yakni Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari berkunjung ke PT DSSP Power Kendari untuk belajar terkait teknologi pembangkit listrik yang digunakan di fasilitas unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) tersebut, Rabu (27/9/2023).

Mahasiswa dari dua universitas tersebut berasal dari dua jurusan yang berbeda, yakni Jurusan Teknik Elektro UHO Kendari dan Jurusan Teknik Sipil UM Kendari.

Selama melakukan kunjungan, PT DSSP Power Kendari membagikan pengetahuan terkait dasar-dasar teknik pembangkit listrik hingga metode-metode praktis yang diterapkan di PT DSSP Power Kendari dalam mengoperasikan unit PLTU secara efektif, efisien ,dan ramah lingkungan baik secara pemaparan di dalam ruang kelas maupun dengan melihat langsung di lapangan.

Suasana kunjungan industri oleh Universitas Halu Oleo Kendari dan Universitas Muhammadiyah Kendari.
Suasana kunjungan industri oleh Universitas Halu Oleo Kendari dan Universitas Muhammadiyah Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendairinfo. (27/9/2023).

“Kunjungan ini adalah suatu kebanggaan dan sebuah kehormatan juga untuk kami. Kami selaku industri di Sulawesi Tenggara dapat membagikan pengetahuan dan ilmu praktis kami, tentang teknologi pembangkitan tenaga listrik kepada perguruan tinggi. Sementara perguruan tinggi sebagai tempat mencetak generasi penerus bangsa, dapat menggunakan momentum ini untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak di lapangan,” kata LPP Plant Head DSSP Power Kendari, Hasmunir.

PT DSSP Power Kendari berharap agar dalam kunjungan tersebut mahasiswa yang berkesempatan hadir dapat memiliki energi positif yang sama dengan kultur budaya perusahaan serta dapat menjadi tolok ukur mahasiswa ketika kembali nantinya di perkuliahan

Baca Juga:  Pria Ini Tewas Ditikam OTK saat Nongkrong di Jembatan Teluk Kendari

“Sebab dunia industri dan akademis seperti perguruan tinggi adalah dua dunia yang saling membutuhkan dan bertautan. Kami harap, ke depannya dari kunjungan-kunjungan yang dilakukan perguruan tinggi ke tempat kami, dapat memberikan ide-ide baru atau inovasi-inovasi baru yang dapat membantu industri seperti kami dalam menjalankan proses produksinya dengan efektif, efisien, dan tentu saja ramah lingkungan,” tambah Hasmunir.

Terlebih, dalam menjalankan PLTU Kendari-3 atau PLTU Moramo, PT DSSP Power Kendari selalu menjalankan lini operasi bisnisnya tersebut dengan beretika, bertanggung jawab dan dengan visi yang berkelanjutan.

“Tim kami adalah orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk selalu berinovasi, dan mengembangkan teknologi di sektor pembangkitan tenaga listrik untuk mendukung dan mengawal pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Secara umum, di bidang pendidikan, PT DSSP Power Kendari telah menerima beberapa kunjungan. Pada 2021 telah menerima mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Teknik UHO. Selain kunjungan industri dari perguruan tinggi, terdapat pula kunjungan dari siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) di sekitar wilayah operasional.

Kemudian di tahun 2022, perusahaan kembali menerima kunjungan dari Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia wilayah XVI.

Baca Juga:  Gedung Kampus Unidayan Baubau Terbakar, 7 Ruangan Hangus

PT DSSP Power Kendari juga membangun sarana rumah baca terapung, membagikan buku bacaan, dan memberikan bantuan sarana belajar di sekolah sekitar wilayah operasional. Program-program peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah bagian dari program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Diketahui, PT DSSP Power Kendari merupakan Independent Power Producer (IPP) berkapasitas 2×50 MW yang menyuplai kebutuhan listrik ke masyarakat serta mendukung sistem kelistrikan di Sulawesi Tenggara.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten