Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Rangkaian Perayaan HUT ke-192, SMPN 15 Kendari Raih Juara 1 Dalam Festival Musik Bambu

Rangkaian Perayaan HUT ke-192, SMPN 15 Kendari Raih Juara 1 Dalam Festival Musik Bambu
SMPN 15 Kendari, peraih Juara I Festival Musik Bambu di Kendari. Foto: Herlis Ode Mainuru/Kendariinfo. (5/5/2022).

KendariFestival musik bambu yang dibawakan oleh sejumlah pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kendari mewarnai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 192 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Tugu Eks MTQ Kendari ini dijuarai oleh SMPN 15 Kendari, Jumat (5/5/2023).

Ada 10 SMP di Kota Kendari yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Juara I direbut oleh SMPN 15 Kendari, Juara II SMPN 12 Kendari, dan Juara III adalah SMPN 7 Kendari.

Festival budaya melalui musik bambu ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang diperlombakan oleh pelajar SMP dalam rangka memeriahkan HUT ke – 192 Kota Kendari yang jatuh pada 12 Mei 2023 mendatang. Tujuan festival ini dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk memamerkan dan melestarikan nilai-nilai budaya musik bambu melalui sebuah festival.

Penampilan salah satu sekolah yakni SMPN 5 Kendari dalam Festival Musik Bambu di Kendari.
Penampilan salah satu sekolah yakni SMPN 5 Kendari dalam Festival Musik Bambu di Kendari. Foto: Herlis Ode Mainuru/Kendariinfo. (5/5/2022).

Pantauan Kendariinfo, sejumlah pelajar yang menghadiri kegiatan tersebut menampilkan kelihaian masing-masing. Sejumlah peserta yang menghadiri kegiatan itu menggunakan atribut sekolah masing-masing, bahkan beberapa di antaranya memakai pakaian tradisional yang ada di Kota Kendari.

Sekolah pemenang Juara I yakni SMPN 15 Kendari kompak menggunakan baju dan celana berwarna putih. Para pelajar itu juga menggunakan pengikat kepala, dasi serta sarung yang dililit di pinggang dengan paduan warna biru dan kuning.

Baca Juga:  Claro Wedding Festival 2021 Resmi Dibuka

Keseruan para peserta dalam kegiatan festival budaya ini tidak hanya dimeriahkan oleh para pelajar saja tetapi guru-guru pembimbing dan supporter dari masing-masing sekolah ikut menghadiri.

Salah satu Dewan Juri Festival Musik Bambu, Dharma mengatakan, ia sangat mengapresiasi penampilan seluruh peserta apalagi mereka hanya membutuhkan waktu sekitar sebulan untuk berlatih. Namun, dalam perlombaan itu harus ada pemenang yang diumumkan sebagai juara dan bagi sekolah lainnya yang belum beruntung bisa mencoba serta berusaha lagi untuk tahun ke depannya.

“Selamat kepada SMPN 15 Kendari yang meraih Juara I. Untuk sekolah yang lain jangan berkecil hati kalau belum beruntung, tentunya kami sangat apresiasi semua perjuangan adik-adik,” ujarnya.

Sebagai informasi, musik bambu adalah suatu orkes musik yang komposisi instrumennya terdiri dari tiup bambu, tiup logam, dan beberapa alat perkusi lainnya. Cara memainkan alat musik ini cukup mudah, yakni ditiup secara bersama-sama untuk menghasilkan bunyi atau suara sesuai dengan nada lagunya. Walhasil, perpaduan suara bambu ini menghasilkan lagu yang klasik dan enak didengar.

Untuk menghasilkan suara terbaik, jenis bambu yang digunakan sebagai alat musik bambu merupakan potongan batang bambu pilihan. Biasanya jenis bambu yang dipakai, yakni bambu betung dengan diameter 10 – 17 sentimeter dan tebal mencapai 40 sentimeter.

Baca Juga:  HUT ke-25 Desa Amendete, Mahasiswa KKN UHO Gelar Festival Seni dan Budaya

Berikut sejumlah sekolah yang ikut hadir dan memeriahkan festival musik bambu tersebut:

  1. SMPN 4 Kendari
  2. SMPN 3 Kendari
  3. SMPN 5 kendari
  4. SMPN 13 Kendari
  5. SMPN 7 Kendari
  6. SMPN 8 Kendari
  7. SMPN 17 Kendari
  8. SMPN 12 Kendari
  9. SMPN 15 Kendari
  10. SMPN 2 Kendari
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten