Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Say Hai! Bulan Biru Bakal Hiasi Langit Minggu Malam Nanti

Say Hai! Bulan Biru Bakal Hiasi Langit Minggu Malam Nanti
Ilustrasi Bulan Biru atau Blue Moon. Foto: Pixabay.

NasionalFenomena Bulan Biru atau Blue Moon akan menghiasi langit Indonesia pada akhir pekan nanti, Minggu (22/8/2021) malam.

Meski dinamakan sebagai Bulan Biru, namun fenomena ini tidak membuat warna bulan menjadi benar-benar biru.

Asal-usul historis istilah ini sejak 400 tahun yang lalu, banyak orang yang meyakini bahwa istilah tersebut dimaknai sebagai suatu hal yang terjadi sangat langka, berasal dari kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi, yang mengubah bulan menjadi berwarna kebiruan.

“Bulan Biru yang benar-benar berwarna biru dapat terjadi sangat langka dan tidak ada hubungannya dengan kalender, fase bulan atau jatuhnya musim, melainkan akibat dari kondisi atmosfer,” kata Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang.

Andi Pangerang menjelaskan terdapat dua jenis Blue Moon.

  1. Bulan Biru musiman atau Sensasional Blue Moon, yakni Bulan Purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi sebanyak empat kali Bulan Purnama.
  2. Bulan Biru bulanan atau Monthly Blue Moon, adalah Bulan Purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender masehi yang di dalamnya terjadi dua kali Bulan Purnama.

Lalu pada fenomena yang akan menghiasi cakrawala Tanah Air pada Minggu malam nanti, termasuk ke dalam Bulan Biru musiman.

“Di dalam Almanak Petani Maine di Amerika Serikat, purnama ini dinamakan sebagai Purnama Sturgeon, disebabkan pada bulan Agustus, ikan Sturgeon (ikan penghasil kaviar) muncul ke permukaan danau sehingga mudah ditangkap,” kata Andi Pangerang, Kamis (19/8).

Baca Juga:  Fenomena Ikan Terdampar di Nambo, DLHK Kendari: Bukan karena Tambang

Peristiwa langit ini terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali, sebelumnya pernah terjadi pada 19 Mei 2019, dan 22 Mei 2016. Fenomena tersebut akan kembali terjadi pada 20 Agustus 2024, dan 20 Mei 2027 mendatang.

Penulis
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten