Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Sementari 2022 SMAN 4 Kendari, Menjaga Terang Semangat Kartini Pelajar Era Kini

Sementari 2022 SMAN 4 Kendari, Menjaga Terang Semangat Kartini Pelajar Era Kini
Peserta Lomba Kartini Milenial Sementari 2022 SMAN 4 Kendari. Foto: Dok. OSIS SMAN 4 Kendari. (21/4/2022).

Kendari – Semangat R.A. Kartini yang membawa kesetaraan bagi kaum perempuan di zaman dulu terus dijaga tetap terang bagi kaum pelajar di era kini. Semangat tersebut ditunjukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari melalui OSIS 2021/2022 dalam memperingati Hari Kartini dengan menggelar kegiatan bertajuk Sementari atau Semarak Peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4/2022).

Mengusung tema “Habis Gelap Terbitlah Terang, R.A. Kartini Tetap Hidup di Tengah Awan Gelap Pasca-Pandemi”, kegiatan ini dipusatkan di lapangan SMAN 4 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Diikuti oleh 19 peserta, Sementari 2022 mencari siswi yang layak dinobatkan sebagai Kartini Milenial.

Mengenakan pakaian adat kebaya khas dari berbagai daerah di nusantara yang menunjukkan keanggunan layaknya Kartini, tiap peserta memaparkan opini mengenai peran dan harapan sebagai kaum perempuan di era sekarang. Kriteria pemenang yang ditetapkan tidak hanya cantik paras, tapi juga cantik secara intelektual.

Panitia Sementari 2022 SMAN 4 Kendari.
Panitia Sementari 2022 SMAN 4 Kendari. Foto: Dok. OSIS SMAN 4 Kendari. (21/4/2022).

Ketua Panitia Sementari 2022, Cressendo Reifaldi mengungkapkan penentuan pemenang didasarkan pada beberapa kriteria dari masing-masing kategori yang dilombakan yakni Best Costume dan Best Speaker.

“Untuk kategori Best Costume, penilaian dilihat dari cara jalan catwalk dan keselarasan busana dan tema kegiatan. Sedangkan untuk kategori Best Speaker dinilai dari ketepatan pemaparan opini serta intonasi dan artikulasi para peserta,” ungkap Cressendo.

Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, Nabila Mahesa Ayu dari kelas XI MIPA Olimpiade 2 keluar sebagai pemenang Best Costume. Sementara itu, Nailah Sakinah Aulya perwakilan X MIPA 7 didapuk sebagai pemenang kategori Best Speaker.

Baca Juga:  Perjalanan Darat 250 KM Luar Jawa-Bali Wajib Antigen

Cressendo menambahkan, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 500-an partisipan yang merupakan siswa-siswi kelas X dan XI serta para guru yang kesemuanya mengenakan kebaya dan batik khas daerah di nusantara.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari, Liyu mengungkapkan rasa bangga dan senangnya akan kegiatan yang diselenggarakan oleh anak-anak didiknya.

Para pemenang lomba Kartini Milenial.
Para pemenang lomba Kartini Milenial. Foto: Nasrun Katingka/Kendariinfo. (21/4/2022).

Menurutnya, Sementari merupakan kegiatan sangat positif. Dengan kegiatan seperti ini, pelajar bisa memaknai Hari Kartini secara utuh. Menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan semangat perjuangan emansipasi di lingkungan sekolah seperti apa yang telah diperjuangkan oleh R.A. Kartini.

“Intinya, selagi itu masih kegiatan yang positif, kami akan selalu mendukung. Kita ingin kreativitas siswa-siswi bisa terus dikembangkan. Sehingga semangat Merdeka Belajar yang digaungkan selama ini, bisa benar-benar terlaksana dan bergerak mulai dari sini,” katanya.

Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu.
Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu. Foto: Nasrun Katingka/Kendariinfo. (21/4/2022).

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten