Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Sempat Vakum, Pemilihan Duta Wisata Kendari Masuk Tahap Karantina

Sempat Vakum, Pemilihan Duta Wisata Kendari Masuk Tahap Karantina
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan finalis Duta Wisata "Anandonia Luale" Kota Kendari. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (10/11/2021).

Kendari – Pemilihan Duta Wisata “Anandonia Luale” Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini memasuki tahap karantina dan pembekalan setelah vakum selama setahun.

Finalis yang berhasil masuk dalam tahapan tersebut berjumlah 20 orang, terdiri 10 wanita dan 10 pria. Mereka akan memperebutkan masing-masing satu tempat sebagai Duta Pariwisata Kota Kendari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendari, Abdul Rifai mengatakan, peserta yang mengikuti tahapan seleksi sebelumnya berjumlah 75 orang, namun disaring menjadi 20 orang. 20 peserta yang terjaring akan bersaing pada malam final, Minggu (14/11/2021) mendatang.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan finalis Duta Wisata "Anandonia Luale" Kota Kendari.
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan finalis Duta Wisata “Anandonia Luale” Kota Kendari. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (10/11/2021).

“Yang ikut seleksi kurang lebih 75 orang dan saat ini sudah menghasilkan 20 orang finalis yang akan digembleng. Mereka akan diberikan pemahaman, pengetahuan potensi budaya, serta objek wisata yang ada di Kota Kendari,” katanya, Rabu (10/11).

Pada tahap pembekalan, finalis tidak hanya menerima materi soal pariwisata, tetapi sampai dengan program pembangunan yang ada di Kota Kendari.

Yang menjadi kriteria penilaian duta pariwisata terpilih adalah berwawasan luas, memiliki pengetahuan kepariwisataan Kota Kendari dan kebudayaan daerah Tolaki, kemampuan berbahasa asing, memiliki attitude dan etika yang baik, hingga berpenampilan menarik.

Baca Juga:  Kabupaten Muna Diguncang Gempa M 4,2

Abdul menyebut, beberapa potensi pariwisata yang akan dikembangkan dalam kegiatan ini, yakni Wisata Bahari dan wisata Kebun Raya Kendari.

“Mereka sudah ada alumni dan 20 orang ini juga akan mempromosikan, tidak hanya dua orang. Beberapa potensi wisata yang akan diangkat dalam kegiatan ini, ada Bungkutoko, Tambat Labuh, Kebun Raya, dan ke depan akan mengembangkan bianglala di Tambat Labuh,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (10/11/2021).

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap agar 20 finalis yang terpilih, mampu membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada.

“Kita bersyukur tahun ini kembali terlaksana, untuk nanti mereka bisa mengangkat potensi-potensi wisata yang ada di Kota Kendari. Tidak hanya dua orang terpilih yang diharapkan dapat membantu promosi daerah, tetapi semua finalis bisa berpartisipasi sebaik mungkin dalam pengembangan potensi wisata yang ada di daerah Kota Kendari,” pungkasnya.

Segera! Pendaftaran Duta Wisata Anandonia Luale Kendari Dibuka hingga 25 Oktober

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten