Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Siswa Wakatobi dan Kendari Jadi Wakil Sultra di Parlemen Remaja 2021

Siswa Wakatobi dan Kendari Jadi Wakil Sultra di Parlemen Remaja 2021
Muhammad Julfian Saputra (kiri) dan Muhammad Rezki Tomi Inata (kanan). Foto: Istimewa.

Sultra – Muhammad Rezki Tomi Inata (17) asal Wakatobi dan Muhammad Julfian Saputra (16) asal Kendari berhasil menjadi wakil Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam perhelatan Parlemen Remaja (Parja) 2021.

Rezki sendiri merupakan siswa SMA Negeri 1 Wangi Wangi sedangkan Julfian merupakan siswa SMK Negeri 1 Kendari. Keduanya akan bergabung bersama 131 orang lainnya dari seluruh Indonesia.

Saat dihubungi oleh Jurnalis Kendariinfo, Kamis (26/8/2021) Rezki menceritakan perjalanan awalnya mendaftar hingga lolos ke nasional untuk Parja 2021.

Siswa SMA Negeri 1 Wangi Wangi, Muhammad Rezki Tomi Inata. Foto: Istimewa.
Siswa SMA Negeri 1 Wangi Wangi, Muhammad Rezki Tomi Inata. Foto: Istimewa.

“Saya mengenal Parlemen Remaja dari tahun 2019. Di mana ada salah satu seorang perwakilan Sulawesi Tenggara di kegiatan ini yang satu daerah dengan saya,” kata Rizki.

“Hingga tahun 2021 saya buka Instagram dan lihat pamflet kegiatan ini, saya mulai cari tahu apa saja persyaratan dan apa saja yang dinilai,” lanjutnya.

Berangkat dari hal tersebut, dia mulai membuat esai dan video kampanye yang menjadi syarat penting penilaian seleksi Parja tahun ini.

ADVERTISEMENT

Dia mengaku diseleksi bersama sekitar 60 orang lainnya dari Sulawesi Tenggara yang ikut mendaftar untuk Parlemen Remaja 2021.

“Sempat putus asa sih kak, tidak percaya diri dan sempat ingin mengundurkan diri, tapi saya yakin saya bisa menjadi bagian Parja,” ungkapnya.

Hingga akhirnya pada 24 Agustus 2021 lalu, Rezki diumumkan berhasil lolos mewakili Sultra pada Parlemen Remaja 2021 bersama Muhammad Julfan Saputra.

Baca Juga:  Stok Obat Covid-19 dan Vitamin Kosong, Jokowi Telepon Menkes

“Jadi kita disaring melalui esai, CV, dan video kampanye yang masing-masing memiliki bobot nilai yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara yaitu DPR RI,” jelasnya.

Berdasarkan data dari DPR RI, 131 orang yang lolos seleksi Parlemen Remaja 2021 berasal dari 80 daerah pemilihan. Mereka disaring dari total 5.458 pendaftar tahun ini.

Untuk penyelenggaraannya, tahun ini akan sedikit berbeda karena dilaksanakan secara virtual pada tanggal 13 – 17 September 2021 mendatang mengingat Indonesia masih diselimuti pandemi Covid-19.

Nantinya peserta akan bersimulasi menjadi anggota DPR RI. Tahun ini Parlemen Remaja 2021 mengambil tema “Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas!”.

ADVERTISEMENT

Para utusan Parlemen Remaja akan membahas UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten