Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Siswi SD di Konawe Dikeluarkan Guru dari Ruang Kelas Gegara Tidak Vaksin

Siswi SD di Konawe Dikeluarkan Guru dari Ruang Kelas Gegara Tidak Vaksin
Siswi SDN 2 Tawarotebeta bernama Intan dikeluarkan dari sekolah karena belum vaksin (pegang tas). Foto: Istimewa.

Konawe – Seorang siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tawarotebeta di Desa Baruga, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), dikeluarkan oleh gurunya saat akan mengikuti try out (ujian latihan), Senin (21/3/2022).

Siswi yang duduk di bangku kelas 6 SD ini diketahui bernama Intan. Dia dikeluarkan oleh gurunya sebab belum mengikuti program vaksinasi anak percepatan pencegahan Covid-19.

Saat kejadian, Intan direkam langsung oleh guru yang mengeluarkannya. Video ini pun viral di media sosial pada Kamis (24/3). Dalam video itu, terdengar suara seorang guru laki-laki memberikan arahan kepada seluruh siswa sebelum mengikuti try out. Tetapi, guru tersebut juga mengeluarkan Intan lantaran dia belum mengantongi sertifikat vaksinasi. Sang guru pun memintanya keluar dan pulang di rumah.

Siswa SDN 2 Tawarotebeta bernama Intan dikeluarkan dari sekolah karena belum vaksin.
Siswi SDN 2 Tawarotebeta bernama Intan dikeluarkan dari sekolah karena belum vaksin. Foto: Istimewa.

“Intan tidak divaksin jadi terpaksa dia harus kembali di rumahnya. Dia tidak dibenarkan untuk sekolah dan ujian. Jadi Intan, silakan ambil tas dan kembali dulu di rumah,” kata guru dalam potongan video berdurasi 1 menit 37 detik ini.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Konawe, Suryadi mengaku, pihaknya sangat menyayangkan tindakan guru yang sengaja merekam siswa saat akan dipulangkan sebab belum divaksin itu. Menurutnya, aksi tersebut seharusnya tidak terjadi, apalagi tidak adanya aturan yang mengikat bahwa siswa harus divaksin lalu bisa ikut try out.

“Kalau kita bicara aturan, kita rujuk diaturan kami dari Pak Sekda. Itukan tidak ada aturan yang tertuang di situ,” kesalnya.

Baca Juga:  Jokowi Minta Mahasiswa Sultra Proaktif Ajak Masyarakat untuk Vaksin

Olehnya itu, dia menegaskan kepada seluruh guru yang ada di Konawe agar tetap memberikan pelayanan kepada siswa yang akan mengikuti try out baik dengan cara tatap muka langsung maupun lewat daring.

“Tidak ada sanksi yang diberikan, semua masalah tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan,” lanjutnya.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten