Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Telan Anggaran Rp1,8 Miliar, Pemprov Sultra Mulai Pembangunan Tugu Oputa Yi Koo di Kendari

Telan Anggaran Rp1,8 Miliar, Pemprov Sultra Mulai Pembangunan Tugu Oputa Yi Koo di Kendari
Pembangunan tugu pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Said atau Oputa Yi Koo di Bundaran Kantor Gubernur Sultra. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (19/10/2022).

Kendari – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang telah memulai pembangunan tugu pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Said atau Oputa Yi Koo di Bundaran Kantor Gubernur Sultra, Jalan Orinunggu, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan total anggaran mencapai Rp1,8 miliar.

Berdasarkan pantauan Kendariinfo pada Rabu (19/10/2022), pembangunan tugu tersebut tepat di bagian tengah Bundaran Kantor Gubernur Sultra. Tampak kawasan yang akan menjadi titik pembangunan tugu itu sudah dipagar keliling dengan seng berwarna biru. Terlihat pula tumpukan material seperti pasir dan kerikil di sekitar proyek.

Dalam papan informasi pembangunan tugu pahlawan di Bundaran Kantor Gubernur Sultra, tertulis bahwa proyek tersebut sudah dimulai sejak Jumat (2/9) lalu dengan menggunakan jasa kontraktor dari CV Duta Sarana Abadi.

Papan informasi pembangunan tugu pahlawan nasional di Bundaran Kantor Gubernur Sultra.
Papan informasi pembangunan tugu pahlawan nasional di Bundaran Kantor Gubernur Sultra. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (19/10/2022).

Sesuai nomor kontrak 605/0055/KNT-KONSTRUKSI/IX/2022, proyek pengerjaan tugu pahlawan Oputa Yi Koo ini ditargetkan akan rampung pada 30 Desember 2022 atau dengan jangka waktu 120 hari kerja.

Secara rinci nilai kontrak yang tertera pada papan informasi proyek yakni, Rp1.820.000.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Sementara Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul saat dikonfirmasi Kendariinfo melalui pesan WhatsApp belum memberikan tanggapan terkait pembangunan tersebut.

Baca Juga:  Pulang Bermain Futsal, Seorang Anggota Polda Sultra Dikeroyok OTK

Sebagai informasi, patung pahlawan Oputa Yi Koo juga saat ini sedang dibangun di kawasan Kotamara, Kota Baubau, Sultra. Dimulainya pembangunan patung di Baubau ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Kamis (22/9) lalu. Patung yang akan dibangun setinggi 23 meter itu akan menggunakan uang dari APBD Sultra senilai Rp60 miliar.

Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Kotamara Baubau Resmi Dimulai

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten