Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kolaka

Tenun Karya Desainer Kolaka Dipakai Acara TV Nasional

Tenun Karya Desainer Kolaka Dipakai Acara TV Nasional
Kontestan Rising Star Dangdut yang mengenakan Tenun Balo Lobang karya putri daerah Kolaka. Foto: Tangkapan layar.

Kolaka – Seorang kontestan bernama Wike di ajang pencarian bakat Rising Star Dangdut yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi nasional pada Selasa (10/8/2021), nampak mengenakan pakaian Tenun Balo Lobang dari Sengkang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

ADVERTISEMENT
AmmarFurniture

Pakaian tersebut merupakan hasil karya putri daerah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Hikmah Ramli.

“Aku baru pertama kali membuat desain bertema Tenun Sulawesi. Alhamdulillah pihak MNC tertarik menggunakan baju tenun daerah,” kata Hikmah Ramli saat dihubungi Kendariinfo, Sabtu (11/9).

Desainer Hikmah Ramli.
Desainer Hikmah Ramli. Foto: Instagram @hikmahramli.

Wanita asal Bumi Mekongga tersebut merupakan alumni mahasiswa Jurusan Ekonomi Manajemen di salah satu kampus Kota Kendari. Dia melanjutkan pendidikannya pada bidang perancang busana atau desainer di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

“Di sini tujuanku memperkenalkan Tenun Sulawesi di tingkat nasional, khususnya Sultra. Karena masih kurang orang yang tertarik sama kain tradisional, apalagi di kalangan remaja,” ungkapnya.

Adapun tenun yang dipakai oleh peserta kontes dangdut asal Riau itu dominan berwarna merah muda. Pada bagian atasnya, dipadukan dengan sentuhan warna biru langit dan magenta, serta disematkan pita di bagian pinggang sebagai pemanis. Sedangkan bagian bawah gaun itu seluruhnya berwarna pink.

ADVERTISEMENT
Investasi

“Jadi aku memodifikasi style klasik dan style modern,” imbuhnya.

Penulis
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten