Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
5 th Anniversary Kendariinfo dengan tema "Passionate For Us".
5 th Anniversary Kendariinfo dengan tema "Passionate For Us".
Education

Terapkan Nilai Kebinekaan, Pasca-sarjana UHO Kendari Bina Karakter Mahasiswa

Terapkan Nilai Kebinekaan, Pasca-sarjana UHO Kendari Bina Karakter Mahasiswa
Pendidikan karakter mahasiswa pasca-sarjana Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (23/11/2021).

Kendari – Program Pasca-sarjana Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan pembinaan mahasiswa melalui pendidikan karakter dengan mengangkat tema “Implementasi Nilai Kebinekaan dan NKRI, Nilai Agama, dan Akademik untuk Pengembangan Karakter Mahasiswa”.

ADVERTISEMENT

Ketua Panitia Pendidikan Karakter Mahasiswa Program Pasca-sarjana UHO, Analudin mengatakan, pendidikan karakter tersebut diikuti oleh 720 mahasiswa yang terdiri 13 prodi, 3 program S3, dan 11 program S2.

“Pendidikan karakter ini untuk mahasiswa baru yang masuk tahun 2021, 720 mahasiswa pasca-sarjana. Kita membagi dalam tiga hari, 240 mahasiswa hari pertama kemarin, 240 hari ini, dan besok juga 240 mahasiswa,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Ketua Panitia Pendidikan Karakter Mahasiswa Program Pasca-sarjana UHO, Analudin.
Ketua Panitia Pendidikan Karakter Mahasiswa Program Pasca-sarjana UHO, Analudin. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (23/11/2021).

Pada kegiatan tersebut diisi lima materi. Materi pertama kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional tentang pengembangan pendidikan karakter di perguruan tinggi, yang dibawakan oleh Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu.

Materi kedua, tentang implementasi nilai kebinekaan dan pemahaman NKRI untuk pengembangan karakter mahasiswa program pasca-sarjana di era globalisasi, diterangkan oleh Komandan Korem 143 HO, Brigjen TNI Jannie Aldrian Siahaan.

Selanjutnya, implementasi nilai Kehinekaan dan Kamtibmas untuk pengembangan karakter mahasiswa program pasca-sarjana di era globalisasi oleh Kapolda Sultra, Teguh Pristiwanto. Kemudian dilanjutkan materi implementasi nilai agama untuk pengembangan karakter mahasiswa Program Pasca-sarjana di era globalisasi, oleh Kakanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin.

Dan materi terakhir mengenai nilai karakter akademik untuk pengembangan karakter mahasiswa program pasca-sarjana di era globalisasi, oleh Direktur Pasca-sarjana UHO.

Baca Juga:  Penemuan Mayat di Jembatan Talia - Bungkutoko Gegerkan Warga

“Kami berharap bahwa dari kegiatan ini karakter yang dibangun saat ini bukan lagi penanaman melainkan sudah implementasi pengembangan karakter apa yang didapatkan dari pendidikan sebelumnya,” harap Analudin.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Nur Arafah mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, melalui pendidikan karakter, mahasiswa dapat membangun karakter yang baik, tidak hanya mengandalkan kemampuan intelektual.

“Ini hal yang positif untuk dilaksanakan, saya kira ini hal yang perlu didukung, karena mahasiswa kalau soal otak mereka pintar, tapi karakter yang perlu diasah terus menerus,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:
5th Anniversary Kendariinfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten