Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Terkait Pembenahan Pasar Sentral Wuawua Kendari, DPRD Jelaskan Beberapa Rencana Perbaikan

Terkait Pembenahan Pasar Sentral Wuawua Kendari, DPRD Jelaskan Beberapa Rencana Perbaikan
Ketua KomisI II DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala (kanan kemeja hitam) bersama Pj. Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (tengah), dan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan (kiri) saat melakukan sidak ke Pasar Sentral Wuawua. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (7/11/2022).

Kendari – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala menjelaskan, beberapa rencana pembenahan Pasar Sentral Wuawua di Jalan M.T. Haryono, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Salah satu yang akan menjadi objek pembenahan adalah fasad (suatu sisi luar sebuah bangunan) yang berfungsi sebagai sirkulasi udara di dalam Pasar.

“Sirkulasi udara tidak bagus di lantai dua, bagaimana pengunjung mau ke atas, kalau misalnya orang tidak nyaman,” jelasnya saat ikut dalam kegiatan sidak Pasar Sentral Wuawua bersama Pemkot Kendari, Senin (7/11/2022).

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala.
Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (7/11/2022).

Rizki mengatakan, pembenahan fasad ini sudah disampaikan ke pucuk pimpinan dalam hal ini Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu untuk diberikan tindakan lanjutan.

“Tadi pak wali langsung menyampaikan, fasad ini akan dibenahi, mungkin akan dibuka, sampai ada tangga dari depan langsung ke lantai dua, untuk memudahkan mobilisasi orang dari lantai 1 menuju lantai 2,” katanya.

Selain pembenahan fasad, Rizki juga menambahkan, bakal ada penataan ulang terkait zonasi pedagang berdasarkan jenis dagangan.

“Zonasi akan coba ditata kembali, di mana penjual ikan, penjual sayur, sembako, dan lain-lain,” tambahnya.

Lahan parkir juga tak luput dari rencana pembenahan, lantaran posisi pasar yang berada di pusat kota, maka wilayah parkir amat penting.

“Sudah ada penyampaian untuk pembebasan lahan parkir di belakang pasar ini untuk segera dituntaskan, pak wali sudah mendengar semoga akan segera dirapat kerjakan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jual Mobil Listrik, Showroom Hyundai Bakal Hadir di Kendari Januari 2022

Dia menyampaikan bahwa Komisi II DPRD Kota Kendari akan selalu mendukung tiap kinerja Pj. Wali Kota Kendari untuk kebaikan dalam pembangunan kemajuan kota.

“Saya sudah bisik pak wali tadi, kembalikan citra pasar ini kembali mejadi pasar tradisional, walaupun nanti bangunannya modern, aktivitasnya harus tetap tradisional, karena itulah yang menjadi keunikan pasar ini,” pungkasnya.

Pj. Wali Kota Kendari Ingin Kembalikan Pasar Sentral Wuawua ke Masa Kejayaan

ADVERTISEMENT
Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten