Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Tingkatkan Literasi, Kantor Bahasa Sultra Ajak Siswa SD di Konsel Berkemah Sambil Berkarya

Tingkatkan Literasi, Kantor Bahasa Sultra Ajak Siswa SD di Konsel Berkemah Sambil Berkarya
Kegiatan Bermaya di SD Negeri 14 Moramo. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (27/11/2022).

Konawe Selatan – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Duta Bahasa (Dubas) Sultra dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan kegiatan Bermaya (Berkemah Sambil Berkarya) di SD Negeri 14 Moramo, Desa Tambosupa, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), 26—27 November 2022.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sultra, Uniawati menjelaskan bahwa kegiatan Bermaya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang literasi baca-tulis, memperkenalkan organisasi IKA Duta Bahasa Sulawesi Tenggara sekaligus Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai penyelenggara kegiatan.

“Selain itu melatih kemandirian, kedisiplinan, dan solidaritas, baik antarsesama peserta didik maupun dengan panitia,” kata Uniawati.

Suasana kegiatan Bermaya di SD Negeri 14 Moramo.
Suasana kegiatan Bermaya di SD Negeri 14 Moramo. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (27/11/2022).

Kegiatan Bermaya kali ini diikuti oleh 41 peserta didik yang berasal dari SD 14 Moramo yang terdiri atas siswa kelas IV, V, dan VI. Kegiatan Bermaya yang dilaksanakan selama 2 hari ini, diisi oleh narasumber yang berasal dari UKM Pramuka UHO dan IKA Dubas Sultra. Para peserta diberikan pengetahuan tentang berbahasa Indonesia yang baik dan benar dan mendongeng.

Setelah itu, para peserta menampilkan bakatnya pada malam pentas. Ada yang menampilkan paduan suara, bermain drama, membaca puisi, dan ditutup dengan menyanyikan lagu yang khusus dipersembahkan untuk bapak serta ibu guru mereka sebagai bagian dari perayaan Hari Guru Nasional.

Uniawati juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

Baca Juga:  Sekolah Politik KNPI Sultra, Alvin: Anak Muda Harus Siap Hadapi 2024

“Dengan seringnya melaksanakan kegiatan seperti ini, Kantor Bahasa Provinsi Sultra sebagai lembaga yang bermitra dengan IKA Duta Bahasa Sultra dapat lebih dikenal oleh masyarakat,” ujar Uni.

Ketua IKA Dubas Sultra, Rahmad Alzadiman mengatakan, kegiatan ini diisi oleh berbagai kegiatan seperti penguatan penggunaan Bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing dengan berdongeng, berpuisi, dan bercerita.

“Praktiknya dengan memberikan lomba-lomba supaya anak-anak bersemangat, puncaknya mereka akan tampil pada malam puncak kegiatan, selain berpuisi, dongeng, dan cerita, mereka juga ada yang menyanyi dalam paduan suara hingga beradu peran,” jelas Rahmad.

Pada kegiatan ini, hadir pula tim bioskop keliling (bioling) Kantor Bahasa Provinsi Sultra yang memutar koleksi film pendidikan untuk para peserta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyalakan api unggun sebagai rangkaian kegiatan memperkenalkan kegiatan pramuka bagi peserta didik. Acara ini dipimpin langsung oleh Tim UKM Pramuka UHO.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SD Negeri 14 Moramo, Anas mengucapkan rasa terima kasihnya karena SD Negeri 14 Moramo telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Bermaya ini.

Kegiatan Bermaya ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan, setelah sebelumnya sempat dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan pada tahun 2018 dan Kabupaten Kolaka pada tahun 2019.

ADVERTISEMENT
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten