Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Travel

Tongkang dan Kapal Penumpang Rute Raha – Kendari Terlibat Kecelakaan di Perairan Cempedak

Tongkang dan Kapal Penumpang Rute Raha – Kendari Terlibat Kecelakaan di Perairan Cempedak
Kondisi Kapal Penumpang Uki Raya 23 yang terlibat tabarakan dengan sebuah Kapal Tongkang di Perairan Cempedak, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Istimewa. (27/12/2022).

Konawe Selatan – Insiden kecelakaan laut yang melibatkan Kapal Tongkang bermuatan ore nikel dan Kapal Penumpang Uki Raya 23 rute Raha – Kendari terjadi di Perairan Cempedak, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/12/2022).

Untungnya, dalam insiden yang terjadi sekira pukul 01.40 WITA dini hari itu tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa.

Kapten Kapal Uki Raya 23, Munir Salam yang temui awak media di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari menuturkan, saat tabrakan terjadi, kapal yang ia kemudikan sedang mengangkut 272 penumpang.

Ketika insiden tersebut terjadi, Salam langsung memerintahkan seluruh nakhoda kapal untuk mempersiapkan jaket keselamatan untuk para penumpang.

“Sempat terjadi kepanikan namun tidak berselang lama,” tutur Salam saat ditemui awak media, Selasa (27/12) siang.

Akibat kejadian itu, lambung kiri bagian atas dan bawah kapal Uki Raya 23 mengalami kerusakan. Namun, tidak sampai membuat air masuk.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kendari, Heri Wiyanto menjelaskan, kapal tongkang yang terlibat kecelakaan dengan Kapal Uki Raya 23 masih dalam pencarian.

“Kami sudah mengonfirmasi kepada setia UPT terdekat yang ada di Sultra,” jelas Heri.

Heri mengungkapkan, penyebab tabrakan tersebut terjadi disebabkan lampu jalan tongkang pengangkut ore nikel itu tidak menyala.

“Penyebab tubrukan disebabkan lampu tongkang tidak menyala tidak ada lampu jalan, mereka (pembawa tongkang) tidak menyalakan AIS, dan mungkin saja alat navigasi mereka kurang lengkap,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mobil Tabrak Pohon Lalu Terbakar di Kendari, Polisi: Sopir Mengantuk

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten