Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

15 Kostum Khas Sultra Akan Ditampilkan pada WACI JFC 2022 di Jember

15 Kostum Khas Sultra Akan Ditampilkan pada WACI JFC 2022 di Jember
Kotingen Akari DPD Sultra yang akan tampil di ajang WACI JFC 2022. Foto: Istimewa.

Kendari – Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulawesi Tenggara (Sultra), akan mengikuti Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI) Jember Fashion Carnaval (JFC) 2022. Kontingen tersebut akan menampilkan 15 kostum khas hasil modifikasi ragam busana dari beberapa daerah di Sultra, pada kegiatan yang berlangsung di Jember, Jawa Timur tanggal 6 sampai 7 Agustus 2022 mendatang.

15 kostum yang akan ditampilkan pada WACI JFC 2022 terdiri atas konsep busana dengan nama King of Anoa, Queen of Anoa, Raja La Ode Wuna, Raja Haluoleo, Magical Nanas Buton, Prajurit Kesultanan Buton, Kalosara Konawe, Pade Taawu, Waode Buri, Sultan Oputa Yi Koo, Putri Wakabangura, Raja Oheo, dan Benteng Tiworo.

Ketua Umum Akari DPD Sultra, Fajar Andika mengatakan, keikutsertaan Sultra pada karnaval ini sebagai ajang untuk memperkenalkan kebudayaan dari Bumi Anoa ke dunia luar. Apalagi WACI JFC 2022 merupakan karnaval budaya yang akan diikuti 54 kota dari 15 provinsi di Indonesia.

Kostum Raja Oheo yang dirancang oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AKARI Sulawesi Tenggara, Fajar Andika.
Kostum Raja Oheo yang dirancang oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Akari Sulawesi Tenggara, Fajar Andika. Foto: Istimewa.

“Jember Fashion Carnaval merupakan karnaval terbesar ke-3 di dunia setelah Brazil dan Amerika serta nomor 1 di Asia. Ini merupakan kesempatan besar untuk kami khususnya Sultra, setelah di tahun 2018 kami pertama kali ikut,” katanya kepada Kendariinfo, Senin (1/8).

Akari DPD Sultra akan mengutus kontingen yang terdiri atas 20 orang crew dan model, serta 40 orang tamu VIP termasuk lima kepala daerah dari kabupaten/kota yang turut mendukung yaitu Kota Baubau, Kabupaten Muna Barat, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Buton Tengah.

Baca Juga:  Kunjungi Rumah Apriyani Rahayu, Tina Nur Alam Beri Rp100 Juta Tunai

“Nantinya kami juga akan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sultra dan Bupati Konut, yang akan turut serta dalam defile dengan menggunakan salah satu kostum,” lanjutnya.

Saat ini kontingen Akari DPD Sultra sedang dalam persiapan, rencananya mereka akan berangkat ke Jember pada 3 Agustus 2022 mendatang.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten