Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Baubau

Bangun Patung Oputa Yi Koo Setinggi 23 Meter, Pemprov Sultra Anggarkan Rp17 Miliar

Bangun Patung Oputa Yi Koo Setinggi 23 Meter, Pemprov Sultra Anggarkan Rp17 Miliar
Desain pembangunan patung Oputa Yi Koo di bibir Pantai Kotamara, Kota Baubau. Foto: Istimewa.

Sulawesi Tenggara – Pemerintah Provinsi (Provinsi) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan anggaran sebanyak Rp17 miliar untuk pembangunan Patung Oputa Yi Koo di bibir Pantai Kotamara, Kota Baubau.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul mengatakan patung tersebut akan dibangun dengan tinggi 23 meter.

“Sementara kami menunggu tiang pancang tiba di lokasi untuk segera dimulai pengerjaannya,” kata Pahri kepada Kendariinfo, Kamis (8/9/2022).

Desain pembangunan patung Oputa Yi Koo di bibir Pantai Kotamara, Kota Baubau.
Desain pembangunan patung Oputa Yi Koo di bibir Pantai Kotamara, Kota Baubau. Foto: Istimewa.

Pahri menjelaskan pembangunan patung ini akan dilakukan dengan dua tahap dan masih menunggu tanggal pasti untuk melakukan groundbreaking.

Oputa Yi Koo sendiri adalah Sultan Buton ke-23 pada tahun 1760 hingga 1763 dengan nama asli Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi. Ia giat bergerilya melawan pemerintahan Hindia Belanda dalam Perang Buton.

Sultan Himayatuddin wafat pada 1776, dan dimakamkan di puncak Gunung Siotapina. Lalu pada 7 November 2019, ia menjadi salah satu dari enam orang yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Menurut Pahri, pembangunan patung ini adalah tugas serta tanggung jawab kita semua sebagai generasi penerus dan harus menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang demi Tanah Air.

“Sehingga melalui pembuatan tugu monumen ini akan selalu menjadi inspirasi dan pemicu semangat kita untuk selalu membela Tanah Air tercinta dan bekerja keras untuk membangun daerah kita dengan semangat dan gigih tanpa kenal lelah,” imbuhnya.

Baca Juga:  Penangkapan 2 Pelaku Curanmor di Kendari, 1 Maling Ingin Punya Motor

Dari desain yang dibuat, patung ini akan dibuat berwarna emas dan berdiri gagah dikelilingi oleh air laut. Patung ini akan menjadi ikon Sultra yang berdiri di Kepulauan Buton.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten