Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Berencana Kembalikan Kejayaan TPA Puuwatu, Asmawa Bakal Tambah Alat Berat

Berencana Kembalikan Kejayaan TPA Puuwatu, Asmawa Bakal Tambah Alat Berat
Kondisi sampah di TPA Puuwatu. Foto: Dok. Prokopim Kota Kendari.

Kendari – Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu telah melakukan kunjungan ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Puuwatu, Selasa (23/5/2023). Pada kunjungan tersebut Asmawa telah menetapkan beberapa hal untuk mengembalikan kejayaan TPA tersebut seperti 10 tahun lalu.

Rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan melakukan penambahan alat berat guna menangani pasokan 300 ton sampah yang masuk setiap harinya.

“Saat ini alat berat yang ada sudah rusak dan membutuhkan perbaikan, sehingga pekerjaannya tidak maksimal dalam menangani sampah yang masuk setiap hari,” katanya.

“Revitalisasi atau pembaharuan alat berat yang membantu untuk penggusuran sampah-sampah yang masuk karena setiap hari ada sekira 300 ton yang masuk. Butuh dukungan alat berat agar bisa membantu mempercepat penguraian sampah,” tambahnya.

Selain itu, Asmawa juga ingin memastikan kondisi kolam lindi atau air limbah di TPA Puuwatu masih berfungsi dengan baik, agar nantinya air limbah yang dihasilkan tidak menjadi masalah baru.

Pemkot juga telah membentuk UPTD khusus yakni UPTD TPA Puuwatu. Dengan adanya UPTD TPA Puuwatu, dia berharap pengelolaan sampah di lokasi itu dapat dilakukan secara profesional.

Dengan begitu, Pemkot Kendari berkeinginan mengembalikan masa kejayaan TPA Puuwatu sebagai salah satu TPA terbaik di Indonesia.

Baca Juga:  Insentif Nakes Tertunda 10 Bulan, Pemkot Kendari: Kami Akan Jadwalkan

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati menyebut, penggelolaan sampah di TPA Puuwatu setidaknya harus menyediakan alat berat jenis D6 satu unit, alat berat D3 dua unit, serta kompaktor yang berguna untuk memadatkan sampah.

“Kompaktornya kita untuk memadatkan sampah itu sudah tua, jadi memang harus dilengkapi semua itu supaya pengelolaan sampah seperti yang disampaikan Pak Wali tadi, kembali seperti 10 tahun yang lalu,” imbuhnya.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten