Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Bisnis

BPS Sultra Catat Tingkat Hunian Hotel Berbintang pada Februari 2022 Alami Peningkatan

BPS Sultra Catat Tingkat Hunian Hotel Berbintang pada Februari 2022 Alami Peningkatan
Kamar Hotel Swiss-Bel, Kota Kendari. Foto: Istimewa.

Kendari – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, pada bulan Februari 2022 Tingkat Penghunian Kamar (TPK) berbintang tercatat sebesar 40,18 persen atau mengalami peningkatan sebesar 0,80 poin.

Hasil tersebut didapatkan jika dibandingkan dengan keadaan TPK pada bulan Januari 2022 yang hanya 39,38 persen.

Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti dalam keterangannya menyebutkan, salah satu faktor peningkatan tersebut karena di bulan Februari terdapat kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Kota Kendari.

“Tentunya kegiatan ini juga meningkatkan kapasitas hunian kamar hotel pada bulan Februari,” katanya, Jumat (1/4/2022).

Jika dibandingkan dengan bulan Februari 2021, TPK justru mengalami penurunan sebanyak 0,90 poin, karena pada Februari 2021 tercatat sebesar 41,08 persen, begitu juga dengan durasi tamu menginap turut mengalami penurunan.

“Dilihat dari rata-rata lama tamu menginap pada bulan Februari tercatat sebanyak satu sampai dua hari atau mengalami penurunan dari bulan sebelumnya (Januari 2022) yang sebanyak dua sampai tiga hari,” terang Agnes.

Sementara untuk lama menginap tamu asing mengalami kenaikan 0,18 poin jika dibandingkan dengan bulan Januari 2022, sedangkan untuk tamu domestik mengalami penurunan sebesar 1,03 poin.

Baca Juga:  Gelar Bazar, Tripelka Manfaatkan QRIS Jadi Media Transaksi Non Tunai

Persentase tamu domestik juga disebutkan masih sangat mendominasi yaitu sebesar 99,87 persen dibandingkan dengan tamu asing sebesar 0,13 persen pada bulan Februari 2022.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten