Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Deandra dan Sabtu, Sepasang Anoa yang Akan Dilepasliarkan Jokowi di HPN 2022 Sultra

Deandra dan Sabtu, Sepasang Anoa yang Akan Dilepasliarkan Jokowi di HPN 2022 Sultra
Lokasi pelepasliaran satwa endemik HPN 2022 di TNRAW, Konsel, Sultra. Foto: Balai TNRAW.

Sulawesi Tenggara – Presiden Jokowi diagendakan akan melepasliarkan satwa endemik anoa di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sultra, 6 – 9 Februari.

Kepala Balai TNRAW, Ali Bahri mengatakan ada dua ekor anoa yang akan dilepasliarkan. Keduanya merupakan sepasang betina dan jantan yang bernama Deandra dan Sabtu.

Deandra yang saat ini berusia tiga tahun merupakan pemberian dari penangkaran Anoa Breeding Center (ABC) Manado. Sementara Sabtu yang sudah berusia lima tahun diberikan oleh warga asal Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Sabtu (atas) anoa jantan dan Deandra (bawah) anoa betina.
Sabtu (atas) anoa jantan dan Deandra (bawah) anoa betina. Foto: Balai TNRAW.

“Sabtu adalah Anoa yang ditemukan saat terkena jerat pada 2018 lalu saat masih berusia 1,5 tahun di hutan Mowewe. Oleh salah satu warga yang melihat kakinya terluka kemudian memutuskan untuk merawatnya,” katanya saat dihubungi oleh Kendariinfo, Jumat (28/1/2022).

Ia menambahkan, saat ini TNRAW sudah siap menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut yang direncanakan akan berlangsung, Rabu (8/2/2022) mendatang.

Presiden Jokowi diagendakan akan hadir ke lokasi dengan menaiki helikopter dan langsung mendarat di tanah lapang tempat pelepasliaran satwa endemik.

“Besar harapan, dengan kegiatan ini serta kehadiran presiden bisa menambah kesadaran masyarakat untuk menjaga habitat Anoa dan satwa endemik lainnya di Sultra,” tambahnya.

Baca Juga:  Ketua HIPMI Kendari: Branding Usaha di Medsos Harus Konsisten

Selain Anoa, akan ada satwa endemik lain yang akan dilepasliarkan yakni lima ekor rusa yang terdiri dari seekor jantan dan empat ekor betina.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten