Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Dishub Sultra Sosialisasi Penggunaan e-Ticketing Kapal Penumpang Pelabuhan

Dishub Sultra Sosialisasi Penggunaan e-Ticketing Kapal Penumpang Pelabuhan
Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi penggunaan e-ticketing. Foto: Istimewa. (14/6/2024).

KendariDinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi penggunaan e-ticketing kapal penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Kendari – Wawonii, Jumat (14/6/2024). Kegiatan itu diinisiasi langsung oleh Bidang Kepelabuhanan Dishub Sultra.

Kabid Kepelabuhanan Dishub Sultra, Rahmat Halik, mengatakan nantinya para penumpang wajib mendaftarkan identitasnya untuk dibuatkan kartu yang diperuntukkan menaiki kapal.

Nantinya, kartu itu akan diisi terlebih dahulu oleh penumpang melalui Bank Sultra. Pembelian tiket tidak diperbolehkan lagi menggunakan uang kes.

“Jadi pada saat pembelian tiket nanti tidak lagi menggunakan uang tapi menggunakan kartu. Uangnya nanti diisi ke Bank Sultra,” kata Rahmat.

Rahmat mengatakan, semua penumpang nantinya yang hendak menyeberang akan menggunakan tiket berbasis online. Penumpang hanya bisa membeli tiket menggunakan saldo yang sudah terlebih dahulu diisi melalui Bank Sultra.

Menurut Rahmat, sistem itu dianggap lebih memudahkan akses naik dan turun kapal bagi penumpang, dan pegawai pelabuhan tidak akan kerepotan.

“Agar antrean tidak panjang lagi dan proses pembelian tiket bisa terkontrol baik,” bebernya.

Bagi penumpang yang tidak memiliki tiket elektronik pun tidak akan bisa masuk ke dalam kapal. Hasil penjualan tiket juga bisa terkontrol dengan baik karena langsung masuk ke kas daerah.

Baca Juga:  Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Kapal Tobaku di Kolut Dipadati Penumpang

Sementara Pegawai Dishub Sultra selaku Analis Kebijakan Bidang Kepelabuhanan, Yusriaddin, menyebut penggunaan e-tiketting dapat diterapkan di semua pelabuhan penyeberangan di wilayah Sultra yang dikelola pemerintah provinsi sebagai sumber PAD.

“Paling penting lagi bahwa penggunaan e-ticketing ini dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan seperti adanya praktik percaloan oleh oknum serta adanya pungli,” ujarnya.

Sosialisasi itu pun diharapkan mendapat dukungan masyarakat dan berbagai pihak terkait demi menyukseskan penggunaan e-ticketing.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten