Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Travel

Harga Tiket Kapal Penumpang Kendari – Raha – Baubau Naik per Hari Ini

Harga Tiket Kapal Penumpang Kendari – Raha – Baubau Naik per Hari Ini
Penumpang yang hendak menaiki kapal cepat di Kendari. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (28/4/2022).

Kendari – PT Pelayaran Dharma Indah sebagai perusahaan penyedia kapal penumpang yang melayani rute Kendari – Raha – Baubau dan sebaliknya menaikkan harga tiket per hari ini, Senin (5/9/2022). Salah satu alasan kenaikan tiket kapal adalah harga BBM subsidi yang ikut melambung.

Kepala Operasional PT Pelayaran Dharma Indah Kendari, Sardif, mengatakan kenaikan harga tiket mencapai 25 persen. Jika sebelumnya harga tiket eksekutif dewasa Kendari – Baubau Rp187 ribu kini menjadi Rp235 ribu. Sementara harga tiket eksekutif dewasa Kendari – Raha yang awalnya Rp127 ribu naik menjadi Rp160 ribu.

“Kenaikannya 25 persen. Kendari – Baubau eksekutif dewasa Rp235 ribu dan anak Rp165 ribu. Sementara Kendari – Raha eksekutif dewasa Rp160 ribu dan anak Rp115 ribu,” kata Sardif kepada Kendariinfo saat ditemui di Pelabuhan Nusantara Kendari, Senin (5/9).

Kepala Operasional PT Pelayaran Dharma Indah Kendari, Sardif.
Kepala Operasional PT Pelayaran Dharma Indah Kendari, Sardif. Foto: La Ode Risman Hermawan/Kendariinfo. (5/9/2022).

Tiket VIP dewasa dan anak juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya VIP dewasa Kendari – Baubau Rp252 ribu kini menjadi Rp315 ribu. Sementara untuk tiket VIP dewasa Kendari – Raha yang awalnya Rp202 ribu naik menjadi Rp225 ribu.

“Untuk Kendari – Baubau, VIP dewasa menjadi Rp315 ribu dan anak Rp172 ribu. Sementara Kendari – Raha VIP dewasa Rp225 dan anak Rp202 ribu,” ujarnya.

Alasan lain penyesuaian harga tiket adalah naiknya onderdil atau suku cadang kapal. Dengan kenaikan BBM subsidi dan onderdil, pihak perusahaan juga terpaksa ikut menyesuaikan harga tiket.

Baca Juga:  Seorang Penumpang asal Muna Barat Meninggal di Dalam Kapal Express Bahari 6E

“Kapal penumpang memang menggunakan BBM subsidi. Masalahnya di sini harga onderdil dan alat-alat kapal itu naik juga harganya. Jadi bukan semata-mata BBM subsidi itu,” ungkapnya.

Meski perubahan harga tiket kapal Kendari – Raha – Baubau baru dilakukan sepihak oleh perusahaan, Sardif mengaku akan segera bersurat ke dinas terkait. Sejauh ini, pihaknya juga belum mendapat keluhan dari penumpang yang menggunakan jasa kapal mereka.

“Sejauh ini belum ada keluhan, mungkin nanti dilihat satu minggu ke depan. Kami juga akan bersurat ke dinas terkait, di DPRD, Dinas Perhubungan, maupun KSOP. Mungkin nanti ada perubahan sedikit,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten