Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Kisah Pilu Seorang Nenek Hidup Sendirian di Kendari

Kisah Pilu Seorang Nenek Hidup Sendirian di Kendari
Kondisi nenek Wa Ode Ede di Kendari. Foto: Nurfandi. (16/11/2022).

Kendari – Kisah pilu dialami oleh nenek Wa Ode Ede berusia 70 tahun asal Kota Raha, Kabupaten Muna yang tinggal dalam sebuah gubuk sempit di Jalan Made Sabara, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat wartawan Kendariinfo ke rumah nenek tersebut pada Rabu (16/11/2022), terlihat kondisi rumah dan kesehatan Wa Ode Ede sangat memprihatinkan. Kondisi kesehatannya sangat buruk bahkan tidak bisa diajak berkomunikasi karena mengalami gangguan pendengaran.

Kondisi rumah berukuran 2×4 meter yang terbuat dari papan dan beralaskan sarung untuk tidur tersebut menjadi tempat bernaung Wa Ode Ede dari terik matahari sejak puluhan tahun lalu. Rumah tak layak huni itu memiliki ruangan yang sempit dan tidak terurus bahkan tidak mempunyai dapur dan kamar mandi.

Kondisi rumah nenek Wa Ode Ede di Kendari.
Kondisi rumah nenek Wa Ode Ede di Kendari. Foto: Nurfandi. (16/11/2022).

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, untuk bertahan hidup Wa Ode Ede hanya bisa berbaring dan mengandalkan belas kasih dari para tetangganya. Hal itu disebabkan semua keluarga Wa Ode Ede tidak ada yang mengurusnya. Apalagi pihak pemerintah setempat belum ada yang memberikan bantuan.

Indah selaku tetangganya mengatakan, sebelumnya Wa Ode Ede tinggal bersama suaminya di rumah tersebut. Akan tetapi setelah pasangannya meninggal, akhirnya ia tinggal sendirian.

Ia menjelaskan, Wa Ode Ede tidak pernah berkomunikasi langsung dengan keluarganya. Kendati demikian, tetangganya pernah menghubungi keluarga dari nenek tersebut namun tidak ada respons.

Baca Juga:  Ibu di Konawe Selatan Tewas di Tangan Putranya

“Kalau dia berkomunikasi secara langsung dengan keluarganya tidak pernah tapi mamaku mencoba menelepon keluarganya yang ada di Raha. Akan tetapi mereka tidak mau datang menjenguknya, sebenarnya ada keluarganya di sini tapi dia juga tidak mau mengurusnya. Dia (nenek Wa Ode Ede) juga mempunyai anak tapi tidak tau di mana keberadaannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wa Ode Ede mengaku kesulitan saat hendak bangun, bahkan ia merasa bahwa umurnya sudah tidak panjang lagi.

“Kenapa saya sudah tidak bisa bangun apakah mungkin sudah dekat saya meninggal,” katanya sambil menangis.

Penulis dan Reporter: Nurfandi (Magang)

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten