Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Manfaatkan Potensi Alam Buton, Presiden Jokowi Bakal Hentikan Impor Aspal

Manfaatkan Potensi Alam Buton, Presiden Jokowi Bakal Hentikan Impor Aspal
Presiden Jokowi meninjau pabrik aspal di Buton. Foto: Sekretariat Presiden. (27/9/2022).

Buton – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan menyetop impor aspal. Hal tersebut perlu dilakukan karena adanya potensi aspal sangat besar di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Tadi sudah kita putuskan, dua tahun lagi tidak ada impor aspal,” kata Presiden dalam keterangannya usai meninjau pabrik aspal PT Wika Bitumen di Buton, Selasa (27/9/2022).

Jokowi meminta jajarannya agar pengolahan aspal harus dikerjakan oleh Kabupaten Buton melalui berbagai skema kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

“Semuanya harus dikerjakan oleh Buton. Silakan, BUMN silakan, swasta silakan, join dengan asing juga silakan. Tetapi kita ingin ada nilai tambah dari aspal yang ada di Buton,” tegasnya.

Ia mengatakan, impor aspal yang selama ini dilakukan jumlahnya hampir mencapai 5 juta ton per tahun. Padahal, Kabupaten Buton memiliki potensi aspal yang sangat besar hingga mencapai 662 juta ton. Dalam 120 tahun ke depan, potensi aspal tersebut bisa dimanfaatkan tanpa harus mengimpor lagi.

Presiden juga berharap, potensi yang besar tersebut dapat segera direalisasikan sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dan Buton dapat hidup kembali sebagai industri penghasil aspal.

“Nilai tambah ada di sini, pajak ada di sini, royalti ada di sini, dividen ada di sini, pajak karyawan semuanya ada di sini. Sehingga kita harapkan, Buton hidup kembali sebagai industri penghasil aspal, bukan tambang,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pastikan Pengemudi Aman, Grab di Kendari Telah Ikuti Vaksinasi Covid-19

Agenda Jokowi di Baubau, Buton, dan Busel Hari Ini

Penulis
Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten