Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

PAUD Bustanul Athfal Konda, Sekolah Berkonsep Alam di Konsel

PAUD Bustanul Athfal Konda, Sekolah Berkonsep Alam di Konsel
Siswa sedang belajar di luar kelas PAUD Bustanul Athfal Konda. Foto: Istimewa.

Konawe Selatan – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bustanul Athfal Konda yang berlokasi di Desa Konda 1, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu sekolah untuk anak usia dini yang mengusung konsep alam dalam pembelajarannya.

Sekolah ini merupakan salah satu labschool dari program studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari dan upaya pengembangan PAUD Aisyiyah PD Aisyiyah Konsel yang dibina langsung oleh PW Aisyiyah Sultra.

Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PW Aisyiyah Sultra, Rohmiati menjelaskan bahwa PAUD ini mengusung visi yaitu “Terwujudnya Generasi Berakhlaqul Karimah dalam Mengembangkan Pengetahuan Berbasis Alam”.

Gazebo tempat belajar dan bermain di PAUD Bustanul Athfal Konda.
Gazebo tempat belajar dan bermain di PAUD Bustanul Athfal Konda. Foto: Istimewa.

“Konsep PAUD alam yang menghubungkan kegiatan pembelajaran dengan kehidupan alam sekitar yakni memberikan pembelajaran kepada anak melalui benda-benda atau barang-barang yang sesungguhnya,” katanya kepada Kendariinfo, Senin (12/9/2022).

Rohmiati menjelaskan bahwa hal tersebut dapat membiasakan anak agar kreatif memanfaatkan benda atau media yang ada di lingkungan sekitarnya dan melatih anak untuk senantiasa aktif dan produktif sejak usia dini.

“Pendidikan dan pengajaran berdasarkan pada perkembangan anak yang mengacu pada indikator-indikator tahapan perkembangan anak usia dini. Menjadikan lembaga PAUD sebagai laboratorium tempat anak belajar, berkreasi dan menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik,” jelasnya.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh PAUD ini antara lain ruang belajar yang luas, alat peraga edukatif dalam ruangan, alat permainan outdoor, musala, lahan yang luas untuk praktik pembelajaran sains, dan toilet.

Baca Juga:  Akan Dibangun 2023 Mendatang, Kadin Sultra Siap Kawal Pembangunan Pabrik Baterai di Konawe

Selain belajar langsung di alam, para siswa juga ditanamkan nilai-nilai Islam dan akhlak mulia serta membiasakan anak beribadah sesuai ajaran Islam.

PAUD Bustanul Athfal Konda ini resmi beroperasi sejak Senin 18 Juli 2022 setelah diresmikan langsung oleh Ketua Umum PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir saat kunjungannya ke Sulawesi Tenggara 17 Mei 2022 lalu.

Siswa sedang belajar di dalam kelas PAUD Bustanul Athfal Konda.
Siswa sedang belajar di dalam kelas PAUD Bustanul Athfal Konda. Foto: Istimewa.
Gedung PAUD Bustanul Athfal Konda.
Gedung PAUD Bustanul Athfal Konda. Foto: Istimewa.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten