Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Travel

Penumpang yang Beli Tiket Melalui Calo Dipastikan Tak Diizinkan Masuk di Area Pelabuhan Nusantara Raha

Penumpang yang Beli Tiket Melalui Calo Dipastikan Tak Diizinkan Masuk di Area Pelabuhan Nusantara Raha
Situasi penumpang yang bakal melakukan arus balik di Pelabuhan Nusantara Raha. Foto: Herlis Ode Mainuru/Kendariinfo. (24/4/2023).

Muna – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Raha mengimbau masyarakat yang bakal menyebrang melalui Pelabuhan Nusantara Raha agar tidak membeli tiket pada calo. Pasalnya tiket tersebut tidak mengantongi izin resmi dan jika ketahuan, maka penumpang yang bersangkutan tak akan diizinkan masuk ke dalam area pelabuhan. 

Kepala KUPP Kelas II Raha, Taufan Eka Putra menegaskan, masih ada calo yang berani menjual tiket ilegal pada masyarakat yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Nusantara Raha. Meskipun kerap kali diberikan teguran, namun oknum-oknum yang mencari keuntungan pribadi suka main kucing-kucingan dengan petugas. 

Untuk memberikan efek jera, pihak pelabuhan tidak hanya melakukan monitoring terhadap para calo yang nakal itu. Namun, bagi masyarakat atau penumpang yang berani membeli tiket ilegal itu, dipastikan tidak akan diberangkatkan bahkan tidak akan diizinkan untuk memasuki area pelabuhan. 

“Kita berusaha mencegah adanya calo tiket, salah satunya adalah memonitor setiap penumpang di pintu masuk. Jadi yang boleh masuk itu hanya yang memiliki tiket resmi saja, selain itu kita tidak izinkan masuk di pelabuhan,” katanya kepada Kendariinfo, Senin (24/4/2023). 

Taufan menerangkan, upaya pencegahan pembelian tiket melalui calo telah dilakukan saat arus mudik berlangsung hingga arus balik kali ini. Bahkan, sejumlah petugas gabungan akan disiagakan di masing-masing pintu masuk agar pihaknya tidak kebobolan dengan maraknya penjualan tiket ilegal tersebut. 

Baca Juga:  Pengunjuk Rasa di Pelabuhan Torobulu Mudik Tanpa Pemeriksaan

Selain itu, lanjut Taufan, apabila masyarakat berani membeli tiket melalui calo atau bukan tiket resmi, potensi terburuknya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka penumpang yang bersangkutan tidak akan memiliki jaminan atau asuransi dari instansi terkait. 

“Makanya kami imbau beli tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Artinya, tiket yang resmi, supaya mereka bisa ter-cover oleh asuransi, bukan melalui calo,” tegasnya. 

Hingga hari kedua pascalebaran, situasi penumpang di Pelabuhan Nusantara Raha terpantau kondusif. Pihak KUPP Raha memprediksi bahwa lonjakan penumpangan bakal terjadi beberapa hari mendatang. Sejumlah armada tambahan pun akan disiapkan jika penumpang mengalami over kapasitas. 

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten