Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Food

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Kendari Anti “Wacana Forever”

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Kendari Anti “Wacana Forever”
Stand Festival UMKM dan Festival Ramadhan di Eks MTQ Kota Kendari. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (6/4/2022).

Kendari – Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di tempat jajanan takjil dan masjid menjadi kegiatan yang identik saat Ramadan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu seolah telah menjadi tradisi. Biasanya umat muslim memanfaatkan ngabuburit dengan berkumpul untuk bercengkrama bersama teman dan kerabat. 

Tapi tidak jarang, rencana buka puasa bersama (bukber) menjadi “wacana forever”. Kata “wacana forever” sering kali ditujukan untuk mereka yang ingin bukber dan berujung pada kegagalan hingga lebaran tiba. Singkatnya, “wacana forever” semacam kalimat yang diinginkan menjadi nyata tapi tidak terlaksanakan.

Untuk mengatasi bukber menjadi “wacana forever”, berikut adalah tempat-tempat rekomendasi ngabuburit bersama teman dan kerabat di Kota Kendari:

1. Masjid Al-Alam Kendari

Masjid Al-Alam Kota Kendari ramai dikunjungi menjelang waktu berbuka puasa.
Masjid Al-Alam Kota Kendari ramai dikunjungi menjelang waktu berbuka puasa. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (8/4/2022).

Masjid Al-Alam menjadi lokasi yang tempat untuk menanti waktu berbuka puasa (ngabuburit) bagi masyarakat Kota Kendari. Di sini, ada banyak jajanan hingga takjil gratis. Di Masjid Al-Alam Kendari, pengunjung bisa mengisi waktu ngabuburit dengan berfoto ria, memilih jajanan takjil, hingga bercengkerama dengan teman dan kerabat.

Takjil gratis biasanya diberikan oleh para dermawan yang disalurkan melalui pengurus Masjid Al-Alam. Tapi jika ingin menu takjil yang lebih beragam, para pelaku UMKM di sekitar Masjid Al-Alam telah bersiap dengan berbagai kudapan untuk disambangi.

2. Kendari Water Sport

Spot Kuliner Ramadhan di Kendari Water Sport.
Spot Kuliner Ramadhan di Kendari Water Sport. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (9/4/2022).

Spot Kuliner Ramadhan di Kendari Water Sport dapat menjadi referensi untuk menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) dan laut Teluk Kendari.

Baca Juga:  Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kendari, 14 April 2021

Ada 40 tenant bazar kuliner sebagai pilihan menu berbuka puasa. Tenant-tenant tersebut merupakan milik pelaku UMKM di Kota Kendari. Adanya pelaku UMKM dan pengunjung di Kendari Water Sport, diharapkan menjadi pemantik pemulihan ekonomi setelah Pandemi Covid-19.

3. Anjungan Teluk Kendari

Pengunjung Festival Ramadan 2022 di Anjungan Teluk Kendari.
Pengunjung Festival Ramadan 2022 di Anjungan Teluk Kendari. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (5/4/2022).

Festival Ramadan 2022 di Anjungan Teluk Kendari, Jalan Insinyur Haji Alala 2, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat menjadi tempat ngabuburit selama Ramadan 2022. 

Selain itu, lokasi ini juga menawarkan wisata jembatan kaca dan tempat makan lesehan disertai bean bag dengan pemandangan laut Teluk Kendari.

4. Kendari Town Square (KToz)

Suasana Ramadan Vaganza Kendari di Kendari Town Square (KToz).
Suasana Ramadan Vaganza Kendari di Kendari Town Square (KToz). Foto: Ferito Julyadi/Kendariinfo. (6/4/2022).

Sebanyak 44 tenant ditempati oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menjajakan ragam kuliner yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa maupun ngabuburit di KToz. Mulai dari takjil manis atau makanan berat yang gurih.

Tidak hanya sekadar ngabuburit, pengunjung juga akan menyaksikan fashion show, menggambar, tadarus, tahfiz Qur’an, karaoke religi, dan hafalan surah-surah pendek hingga 28 April 2022 mendatang.

5. Eks MTQ Kendari

Stand Festival UMKM dan Festival Ramadhan di Eks MTQ Kota Kendari.
Stand Festival UMKM dan Festival Ramadhan di Eks MTQ Kota Kendari. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo. (6/4/2022).

Masyarakat Kota Kendari juga dapat menjadikan Festival UMKM dan Festival Ramadhan di eks MTQ sebagai lokasi ngabuburit. Festival itu diselenggarakan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

Baca Juga:  HUT ke-25 Desa Amendete, Mahasiswa KKN UHO Gelar Festival Seni dan Budaya

Festival UMKM dan Festival Ramadhan tersebut diikuti 53 brand kuliner di Kota Kendari. Dengan menu yang beraneka ragam, eks MTQ menjadi lokasi yang tepat untuk buka puasa bersama teman dan kerabat.

ADVERTISEMENT

6. Claro Hotel Kendari

Bakul Ramadhan 2022 di Claro Hotel Kendari.
Bakul Ramadhan 2022 di Claro Hotel Kendari. Foto: Bobi Nardi/Kendarinfo. (5/4/2022).

Selain lima tempat tadi, Manajemen Hotel Claro Kendari juga menggelar Bakul Ramadhan sebagai lokasi ngabuburit untuk masyarakat Kendari. Kegiatan itu sekaligus untuk memberi kesan bahwa Claro Hotel merupakan tempat tongkrongan untuk semua kalangan masyarakat Kendari.

Ada sekitar 40-an stan pelaku UMKM yang menyajikan banyak ragam menu berbuka puasa mulai 4 hingga 30 April 2022. Di samping menyediakan stan bagi pelaku UMKM, Manajemen Claro Hotel Kendari juga menyelenggarakan beberapa kegiatan, seperti lomba dakwah untuk dai cilik, ceramah, dan lainnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten