Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Travel

Rencana Subsidi Penerbangan Wakatobi, Pemprov dan Pemkab Alokasikan Rp4,8 Miliar

Rencana Subsidi Penerbangan Wakatobi, Pemprov dan Pemkab Alokasikan Rp4,8 Miliar
Ilustrasi pesawat Lion Air. Foto: Lion Air.

Wakatobi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi merencanakan alokasi dana dengan total Rp4,8 miliar untuk memberi subsidi agar penerbangan di Kabupaten Wakatobi bisa berjalan kembali setelah berhenti sejak 8 Juli 2022 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili mengatakan alokasi dana tersebut terbagi dua yaitu rute Kendari – Wakatobi disubsidi oleh Pemprov Sultra, dan rute Wakatobi – Kendari disubsidi oleh Pemkab Wakatobi.

“Pemprov (Sultra) alokasi anggaran untuk subsidi penerbangan di APBD-P 2022 sebesar Rp2,4 miliar, (Pemkab) Wakatobi juga sama besarannya,” kata Belli kepada Kendariinfo, Senin (29/8/2022).

Belli menjelaskan, subsidi ini diskenariokan berjalan 4 bulan dari September hingga Desember 2022 dengan rencana subsidi Rp600 juta per bulan.

Sementara itu, terkait mulainya subsidi tersebut belum ada kepastian karena pihak Pemprov Sultra karena masih berusaha berkomunikasi dengan pihak maskapai.

“Belum (ada tanggal pasti), kita mau rapat dulu dengan Lion dan pihak terkait. Insyaallah minggu ini atau awal minggu depan,” jelasnya.

Jumlah alokasi itu di-cross check oleh Belli melalui data penerbangan di rute tersebut pada bulan Mei dan Juni untuk menjadi pembanding.

“Kalau penumpang di bawah 50 seat, kita subsidi sampai ke 50 seat. Begitu skenarionya, masalah apakah nanti pesawat terbang harian atau seminggu 2 atau kali nanti kita akan lihat bagaimana kemungkinan terbaiknya,” imbuhnya.

Percepatan Aksesibilitas Udara di Sultra, Pemerintah Wakatobi dan Baubau Bakal Siapkan Subsidi

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten