Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

RTH Papalimba, Destinasi Wisata Baru Ramah Lingkungan di Kendari

RTH Papalimba, Destinasi Wisata Baru Ramah Lingkungan di Kendari
Gerbang RTH Papalimba Water Tourism di Kelurahan Lapulu, Kota Kendari. Foto: Istimewa.

Kendari – Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini memiliki destinasi wisata baru yang menawarkan pemandangan indah, fasilitas lengkap, dan ramah lingkungan. Namanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) Papalimba.

RTH Papalimba yang berada di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, dapat menjadi pilihan favorit warga untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga dan teman.

RTH Papalimba merupakan bagian dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Kementerian PUPR. Kawasan ini telah selesai dibangun pada akhir tahun 2022 dan resmi diserahkan kepada Pemkot Kendari pada Maret 2023.

RTH Papalimba memiliki luas sekitar 5 hektar dan menawarkan berbagai fasilitas yang menarik, seperti waterfront, jalan lingkungan, tambatan perahu, drainase, resapan biopori, instalasi air bersih, instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal, instalasi hydrant, dan area bermain anak.

Salah satu daya tarik utama RTH Papalimba adalah pemandangan Kota Kendari dari bibir Teluk Kendari. Dari kawasan ini, pengunjung bisa melihat gunung dan perbukitan yang dihiasi rumah-rumah warga, kapal-kapal nelayan, Jembatan Teluk Kendari, dan Masjid Al-Alam Kendari. Pada sore hari, pengunjung juga bisa menikmati sinar matahari senja.

Selain itu, RTH Papalimba menyediakan berbagai kuliner yang bisa dinikmati pengunjung, seperti jajanan siomai, batagor, gorengan, hingga aneka jenis minuman dingin. Pedagang kaki lima di kawasan ini mengaku mendapatkan penghasilan yang cukup baik dari usaha mereka.

Baca Juga:  Video: Wisata Air Bernuansa Bali, Mantara Waterpark Kendari

“Alhamdulillah, sejak RTH Papalimba dibuka, banyak pengunjung yang datang ke sini. Saya bisa jualan sampai 100 porsi siomai per hari. Ini membantu sekali untuk menambah pendapatan keluarga,” ujar Siti, salah satu pedagang di RTH Papalimba.

RTH Papalimba juga menjadi tempat yang cocok untuk berolahraga dan bermain. Masyarakat sekitar banyak menyewakan sepeda listrik yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan ini. Menurut Doni, salah satu penyedia layanan skuter listrik, ada sekitar 50 unit skuter listrik yang disewakan di RTH Papalimba dengan harga Rp25 ribu per 30 menit.

“Skuter listrik ini sangat diminati oleh pengunjung, terutama anak-anak. Mereka senang bisa berkeliling sambil melihat pemandangan. Kami juga memberikan helm dan rompi keselamatan untuk pengguna. Kami berharap layanan ini bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dan aman bagi pengunjung,” kata Rizky, salah satu penyedia sepeda listrik di RTH Papalimba.

RTH Papalimba juga menjadi contoh nyata dari upaya Pemkot Kendari untuk menciptakan kota yang bersih, hijau, dan sehat. Kawasan ini tidak hanya mengubah wajah kumuh menjadi indah, tetapi juga mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan menggunakan energi listrik yang hemat dan ramah.

RTH Papalimba kini menjadi salah satu ikon baru Kota Kendari yang patut dikunjungi oleh siapa saja jika ingin melihat suasana alam asri, fasilitas lengkap, dan menikmati kuliner. Kawasan ini bukan hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga menjadi ruang edukasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk mencintai lingkungan.

Baca Juga:  ADWI 2021: Desa Wisata Liya Togo Wakatobi Juara Toilet Umum Terbaik

Nah sekarang Makin Tahu Indonesia kan!!

Penulis: Chevin Breemer

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten