Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Baubau

Seniman Baubau Ini Ciptakan Mural Gambar Anak Bermata Biru

Seniman Baubau Ini Ciptakan Mural Gambar Anak Bermata Biru
Gambar mural anak bermata biru. Foto: Instagram/@daebuton.

Baubau – Seniman mural asal Kota Baubau, Syaharuddin Ramadhan Dae (Dae Buton) berhasil membuat mural. Kali ini, bukan mural bergambar Presiden Jokowi 404 Not Found seperti yang menghebohkan warganet beberapa waktu lalu. Melainkan mural bergambar anak bermata biru dari Boneatiro, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

ADVERTISEMENT
AmmarFurniture

Motivasi Dae Buton, yakni untuk mengenalkan seni mural di kalangan masyarakat Baubau, pasalnya seni menggambar dengan menggunakan dinding masih kurang diminati oleh masyarakat di kota tersebut.

“Motivasi saya, tentunya untuk memperkenalkan seni mural ini, karena banyak yang masih asing dan juga menumbuhkan kreativitas anak muda Kota Baubau,” katanya kepada Jurnalis Kendariinfo, Minggu (29/8/2021).

Anak bermata biru.
Anak bermata biru. Foto: Bobi Nardi/Kendariinfo.

Dae bercerita, proses pembuatan mural tersebut memakan waktu dua hari hingga menjadi gambar anak bermata biru dengan tulisan “Butones”.

Dae yang juga bekerja sebagai muralis di Ibu Kota Jakarta, mengatakan, bahwa di Baubau memang banyak seniman pelukis, hanya saja untuk yang berprofesi sebagai seniman mural dinding itu masih minim.

“Kota Baubau sebenarnya cocok sebagai kota kreatif seperti di Jogja, Bali, dan Bandung. Posisinya Baubau punya sejarah panjang terutama sejarah budayanya. Harapan ke depannya ada wadah ruang publik untuk berkreativitas untuk tempat melahirkan ide-ide kreatif,” tuturnya.

ADVERTISEMENT
Investasi

Dalam profesinya sebagai muralis, Dae Buton senang mengangkat budaya Indonesia di setiap gambar dan tempat yang didatangi.

Baca Juga:  Diduga Balap, Mobil Toyota Avanza Tabrak Fortuner Hingga Terbalik di Kolaka Utara

“Saya sebagai muralis selalu mengangkat tema budaya di Indonesia. Target saya di setiap tempat di mana saya pijak saya selalu angkat budaya di tempat tersebut. Karena kebetulan berlibur di Baubau jadi saya luangkan waktu untuk membuat mural gambar anak mata biru ini,” terangnya.

Selain memiliki segudang kreativitas, pria ini juga memiliki segudang prestasi di bidang seni. Pada tahun 2020 lalu, Dae Buton merupakan salah satu pemenang dari ajang Super Art Fest kategori Street Art. Dia juga terpilih sebagai pembuat mural keberagaman pada Taman Pandang Istana di Jakarta.

Terlepas dari segala prestasi yang pernah diraihnya, ia terus berpesan kepada seniman muda Kota Baubau untuk terus berkarya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten