Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Tiba di Baubau, Sandiaga Akan Kunjungi Desa Wisata Limbo Wolio

Tiba di Baubau, Sandiaga Akan Kunjungi Desa Wisata Limbo Wolio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (baju merah) tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Istimewa. (8/6/2022).

Baubau – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (8/6/2022) siang. Agenda kedatangan Menteri Sandiaga ke Sultra adalah mengunjungi Desa Wisata Limbo Wolio di Baubau dan menghadiri acara puncak pembukaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 bersama Presiden Joko Widodo di Wakatobi.

“Siang ini saya tiba di Bandara Betoambari Baubau, Sulawesi Tenggara untuk meninjau beberapa hal mulai dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia & berbagai agenda lainnya,” tulis akun Instagram resmi Sandiaga.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra, Belli Harli Tombili menjelaskan, setibanya di Baubau, Menteri Sandi dan rombongan akan dijemput di kawasan Masjid Agung Keraton Buton. Ada pasangan Duta Wisata yang membantu prosesi penjemputan dan diiringi dengan Tarian Galangi khas daerah. Menteri Sandi beserta rombongan selanjutnya bertemu pimpinan daerah, Sultan Budaya, Forkopimda, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan kepala desa setempat. Mereka juga akan mendengarkan pemaparan materi dari Ketua Pokdarwis dan kepala desa yang menjelaskan tentang potensi daerah tersebut dalam tujuh kategori.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (baju merah) tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (baju merah) tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Instagram @sandiuno. (8/6/2022).

“Usai kegiatan itu, Pak Menteri akan mencoba permainan tradisional lojo di Pelataran Masjid Agung Keraton Buton, dilanjutkan dengan kunjungan ke situs Batu Popau (situs pengambilan sumpah ketika Sultan Buton dilantik), jangkar peninggalan VOC, dan Masjid Agung Keraton Buton,” tambahnya.

Baca Juga:  Video: Desa Wisata Sultra yang Lolos Nominasi ADWI 2021

Masih di tempat yang sama, Menteri Sandi dan rombongannya akan melihat suvenir kuliner dan fesyen, serta ziarah ke makam Sultan Murhum dengan prosesi Santiago. Tak lupa, rombongan akan mengelilingi Benteng Keraton Buton menggunakan sepeda sekaligus melihat pengrajin kuningan. Menteri juga akan menandatangani prasasti, memberikan sertifikat, plakat kepada kepala kesa, dan Ketua Pokdarwis di area Kasulana Tombi.

“Agenda terakhir di Baubau adalah doorstop dirangkaikan dengan penganugerahan gelar dari Sultan Buton kepada Menteri Sandiaga,” ujarnya.

Setelah seluruh rangkaian acara di Baubau selesai, sekitar pukul 15.30 WITA Menteri Sandi akan berangkat menuju Pasarwajo untuk menyeberang ke Wakatobi. Hari selanjutnya atau Kamis (9/6), Menteri Sandi akan menghadiri beberapa rangkaian acara GTRA Summit 2022 bersama Presiden Joko Widodo.

“Jadwal kembalinya kemungkinan besok siang juga. Setelah rangkaian acara bersama Presiden Joko Widodo selesai, beliau akan kembali ke Jakarta lewat Baubau. Karena acara dengan presiden, pagi,” pungkasnya.

Penulis
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten