Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Besok, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Limbo Wolio Baubau

Besok, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Limbo Wolio Baubau
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Istimewa.

Baubau – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno akan mengunjungi Desa Wisata Limbo Wolio yang terletak di Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (8/6/2022) besok. Kedatangan Sandiaga dibenarkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Baubau, La Ode Darussalam. Dia mengatakan, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau untuk menyambut kehadiran Sandiaga.

“Sejumlah persiapan dan rundown acara sudah disiapkan untuk menyambut kehadiran beliau (Sandiaga),” katanya, Selasa (7/6).

Darussalam mengatakan, Sandiaga dan rombongannya akan dijemput di kawasan Masjid Agung Keraton Buton. Ada pasangan Duta Wisata yang akan membantu prosesi penjemputan dan diiringi dengan Tarian Galangi khas daerah. Sandiaga beserta rombongan selanjutnya bertemu pimpinan daerah, Sultan Budaya, Forkopimda, Ketua Pokdarwis, dan kepala desa setempat. Mereka juga akan mendengarkan pemaparan materi dari Ketua Pokdarwis dan kepala desa yang menjelaskan tentang potensi daerah tersebut dalam 7 kategori.

“Usai kegiatan itu, Sandiaga dan rombongannya akan mencoba permainan tradisional lojo di Pelataran Masjid Agung Keraton Buton, dilanjutkan dengan kunjungan ke situs Batu Popau (situs pengambilan sumpah ketika Sultan Buton dilantik), jangkar peninggalan VOC, dan Masjid Agung Keraton Buton,” tambahnya.

Masih di tempat yang sama, Sandiaga dan rombongannya akan melihat suvenir kuliner dan fashion, serta ziarah ke makam Sultan Murhum dengan prosesi Santiago. Tak lupa, rombongan akan mengililingi Benteng Keraton Buton menggunakan sepeda sekaligus melihat pengrajin kuningan.

Baca Juga:  13 Rumah Warga di Bombana Diterpa Angin Puting Beliung

“Pak Menteri juga akan menandatangani prasasti dan memberikan sertifikat, plakat kepada Kepala Desa, dan Ketua Pokdarwis di area Kasulana Tombi,” lanjutnya.

Agenda terakhir adalah doorstop dirangkaikan dengan penganugerahan gelar dari Sultan Buton kepada Menteri Sandiaga.

Desa Wisata Limbo Wolio sendiri adalah salah satu dari 50 besar desa wisata terbaik yang lolos Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Untuk wilayah Sultra, ada 2 desa wisata yang layak mendapat anugerah itu yakni Desa Wisata Limbo Wolio di Baubau dan Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Pamflet Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kota Baubau.
Pamflet Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kota Baubau. Foto: Istimewa.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten