Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Hari Ini Expose 5 Tahun AMAN Dimulai, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Hari Ini Expose 5 Tahun AMAN Dimulai, Berikut Rangkaian Kegiatannya
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (kanan). Foto: Istimewa.

Sulawesi Tenggara – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas atau yang dikenal dengan jargon pasangan AMAN telah berada di akhir masa jabatan. Hal tersebut akan ditandai dengan expose 5 tahun kepemimpinan keduanya.

Masa jabatan Ali Mazi dan Lukman Abunawas akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang. Expose 5 tahun AMAN akan berpusat di Pelataran Tugu MTQ Kendari, Sultra, pada hari ini, Sabtu (2/9/2023).

Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sultra, La Ode Mustamir Martosiswoyo mengatakan ada banyak agenda yang akan dilakukan AMAN mulai pagi hingga malam hari.

Termasuk peresmian 3 proyek strategis nasional AMAN, yakni jalan wisata Kendari – Toronipa, Rumah Sakit Jantung dan Otak Oputa Yi Koo, dan Perpustakaan Modern. Di mana expose 5 tahun AMAN ini diperuntukkan bagi masyarakat Sultra.

“Kemarin baru sekitar 30 persen, hari ini kesiapan di lapangan sudah mencapai 50 – 60 persen lah,” katanya, Kamis (31/8).

Expose akan diawali dengan peresmian Jalan Wisata Kendari – Toronipa sepanjang 14,6 km dan seluas 27 meter pada pagi hari.

“Sekitar pukul 06.30 sudah mulai persiapan peresmian oleh pak gubernur,” ujarnya.

Baca Juga:  Hasil Audit BPK, Pemprov Sultra Bermasalah Soal Pengelolaan Anggaran

Selanjutnya, dilanjutkan dengan konvoi bersama berbagai komunitas di Sultra, mulai dari Titik Nol Jalan Kendari – Toronipa di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, tepatnya di depan Villa Ali Mazi.

Konvoi bareng tersebut menuju Rumah Sakit Jantung dan Otak Oputa Yi Koo di Jalan Dr. Sam Ratulangi, Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari dengan agenda peresmian rumah sakit.

Kemudian Ali Mazi beserta rombongan lanjut ke Perpustakaan Modern Sultra di Jalan Saosao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari untuk meresmikan gedung tersebut.

“Jadi masing-masing OPD tersebut sudah ada persiapan di masing-masing tempat,” ujarnya.

Selesai peresmian 3 proyek strategis nasional tersebut, akan ada festival kuliner gratis bagi masyarakat Sultra di Pelataran Tugu MTQ. Ada sebanyak 10 ribu porsi makanan gratis yang dapat disantap oleh warga Bumi Anoa, mulai pukul 16.00 Wita hingga acara festival selesai.

“Makanannya itu dari produk UMKM lokal, jadi setiap OPD yang diberi tanggung jawab mencari minimal 200 pack, jadi ini betul-betul memberdayakan UMKM. 10 ribu paket makanan gratis, sepuasnya tidak dibatasi, asal jangan dibungkus makanannya ya,” ujarnya.

Sembari menunggu pembukaan expose 5 tahun AMAN pada malam hari, warga yang hadir di Pelataran MTQ akan dihibur dengan penampilan musik yang dibawakan oleh artis ibu kota dan band lokal Sultra.

Baca Juga:  Sempat Jabat Bupati Koltim, Belli Kembali Dilantik Jadi Sekda

“Bahkan gubernur sarankan ada pengamen yang kita panggil beberapa orang, kita hadirkan mulai dari 15.30 Wita, sore,” ucapnya.

Selain itu, akan hadir pula para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dari masing-masing daerah 17 kabupaten kota di Sultra.

Serta penyerahan piagam penghargaan dari Gubernur Sultra Ali Mazi kepada 5 bidang dari lingkup Pemprov Sultra atas sumbangsihnya dalam pembangunan di Sultra.

“Gubernur inginkan masyarakat datang, karena ini memang acara untuk rakyat, pesta rakyat, makanya pak gubernur lebih mengutamakan masyarakat untuk hadir,” pungkasnya.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten