Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
5 th Anniversary Kendariinfo dengan tema "Passionate For Us".
5 th Anniversary Kendariinfo dengan tema "Passionate For Us".
Baubau

Polisi Ungkap Pemalsu Kartu Vaksin di Baubau, Berikut Kronologisnya!

Polisi Ungkap Pemalsu Kartu Vaksin di Baubau, Berikut Kronologisnya!
Konferensi pers Polres Baubau, ungkap kasus pemalsuan dokumen perjalanan. Foto: Istimewa. (31/7/2021).

Baubau – Kepolisian Resor (Polres) Baubau berhasil mengungkap kasus pemalsuan surat administrasi yang menjadi syarat perjalanan, yakni kartu vaksin dan juga surat antigen.

ADVERTISEMENT

Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari menyebut, satu di antara tiga tersangka pemalsuan dokumen tersebut merupakan seorang pegawai honorer Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Baubau.

“Ketiga tersangka sudah kami amankan, di antaranya berinisial AR (40), LH (33), dan juga AM (23) yang merupakan pegawai honorer di Kantor KKP Baubau,” katanya, dalam konferensi persnya, Sabtu (31/7/2021).

Rio Tangkari menceritakan, kejadian tersebut bermula, pada Jumat (16/7), seorang calon penumpang kapal tujuan Sorong menghubungi pelaku AR melalui telepon untuk meminta agar diuruskan tiket, dan beberapa persyaratan perjalanan lainnya sebanyak 21 orang.

“Pelaku AR menyetujui permintaan tersebut dengan biaya pertiket dibanderol dengan harga Rp1,2 juta untuk satu calon penumpang, setelah itu, calon penumpang tersebut mentransfer sejumlah uang kebutuhan tersebut sebesar Rp24 juta ke rekening milik AR,” katanya.

Setelah itu, Rio menjelaskan, pada Kamis (22/7) pelaku AR menghubungi LH, meminta untuk dibuatkan kartu vaksin sebanyak 26 kartu dengan harga Rp30 ribu untuk satu kartu, LH pun menyetujui. Lantas LH membuat kartu vaksin palsu dengan cara men-scan kartu vaksin dan mengedit kartu tersebut sesuai dengan nama, NIK calon penumpang.

“Lalu pada Jumat (23/7), pelaku AR menghubungi pelaku AM, melalui telepon dan menyampaikan bahwa pelaku AR sudah membuat aplikasi EHAC calon penumpang sebanyak 10, kemudian dikirimkan via WhatsApp ke pelaku AM dan sisanya dibawa langsung oleh pelaku AR kepada pelaku AM yang bertempat di Kantor KKP,” jelasnya.

Baca Juga:  Seorang Kurir Narkotika di Kendari Kena Tangkap Polisi, 37 Paket Sabu Diamankan

“Pada saat aplikasi EHAC dari 26 calon penumpang sudah jadi semua, langsung di-print surat keterangan swab antigennya sesuai dengan nama calon penumpang, lalu diserahkan kepada penumpangnya yang bersangkutan,” tambahnya.

Selanjutnya, pada Sabtu (24/7), pelaku AR kemudian bertemu calon penumpang yang bersangkutan bersama temannya untuk kemudian diberikan kartu vaksin, surat keterangan swab antigen, dan juga 26 tiket.

Kemudian, Polres Baubau berhasil meringkus dua orang pelaku dan satu orang pelaku sedang menjalani isolasi mandiri.

“Perilaku yang kita amankan dua orang, satu orang yang pelaku berinisial AM sementara ini melakukan isolasi mandiri sesuai hasil swab antigen dinyatakan positif Covid-19,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 26 KUHP dan Pasal 263 ayat (1) KUHP, Pasal 55 dan 56 KUHP).

“Akibat kejadian tersebut, kerugian dialami oleh 26 penumpang Kapal Sinabung tujuan Sorong,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:
5th Anniversary Kendariinfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten