Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Terima Kunjungan Konsulat Australia, Pj. Gubernur Sultra Bahas Peluang Kerja Sama

Terima Kunjungan Konsulat Australia, Pj. Gubernur Sultra Bahas Peluang Kerja Sama
Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, saat menerima kunjungan Konjen Australia, Todd Dias. Foto: Dok. PPID Sultra. (27/2/2024).

Kendari – Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Todd Dias, beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/2/2024).

Rombongan Konjen Australia tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, di Ruang Rapat Gubernur Sultra. Pada kesempatan tersebut, Andap membahas sejumlah peluang kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Australia.

Andap memberikan ucapan selamat datang kepada Konsulat Jenderal Australia, Todd Dias, dan menyampaikan gambaran mengenai kondisi Provinsi Sultra.

“Pada tahun 2024 ini kami telah melakukan tiga kali ekspor berbagai komoditas masing-masing kakao fermentasi, biji pinang, serta terakhir tuna dan kepiting ke Amerika Serikat dan Filipina,” katanya dikutip dari Laman PPID Sultra.

Dia juga mengungkapkan potensi pariwisata yang ada di Sultra seperti taman nasional dan biota laut Wakatobi, Pantai Toronipa, Pulau Labengki, Pulau Bokori, Benteng Keraton Buton, dan lain sebagainya.

“Dari sektor pariwisata ini, Sultra berhasil meraih Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia tahun 2023 oleh Kemenkomarves RI. Jadi dapat dikatakan sektor pariwisata kami telah diakui oleh turis lokal maupun mancanegara,” tambahnya.

Dalam pertemuan, Andap menanyakan peluang kerja sama seperti penguatan sistem vokasi (SMK) dan politeknik perguruan tinggi. Di samping itu, sektor perdagangan komoditas dari Sultra juga memiliki peluang pasar di Australia.

Baca Juga:  Breaking News: IRT di Konsel Tewas di Tangan Anak Kandung

Andap mengatakan bahwa saat ini Sultra sedang berupaya menghadirkan RS Jantung dengan standar yang tinggi. Dirinya pun berharap kerja sama untuk dukungan termasuk peningkatan kualitas tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut.

“Dengan audiensi ini, saya harapkan Saudara Konjen dapat berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia di Sultra. Sebut saja melalui pendidikan vokasi termasuk juga kesempatan melanjutkan pendidikan di Australia dengan beasiswa dan peluang – peluang lainnya,” kata Andap.

Sementara itu, Konjen Australia mengatakan sangat tertarik dengan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki Sultra.

“Saya kagum dengan sumber daya yang ada di Sultra. Selain alamnya yang indah, ternyata SDM-nya juga memiliki keinginan tinggi untuk mengembangkan potensi dirinya,” ungkapnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten