Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Upaya Penginternasionalan Bahasa Indonesia, KBST Lakukan Diseminasi Program BIPA di Kolaka

Upaya Penginternasionalan Bahasa Indonesia, KBST Lakukan Diseminasi Program BIPA di Kolaka
Suasana Diseminasi Program BIPA di Kabupaten Kolaka. Foto: Dok. Humas KBST.

Kolaka – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) menyelenggarakan Diseminasi Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Kabupaten Kolaka sebagai upaya penginternasionalan bahasa Indonesia, Kamis (16/2/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari akademisi Universitas Sembilanbelas November (USN) dan juga beberapa instansi pemerintah dari Kabupaten Kolaka yang selama ini terlibat langsung dengan tenaga kerja asing (TKA) seperti Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian, dan Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka.

Selain itu, KBST juga mengundang perwakilan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA.

Diseminasi Program BIPA di Kabupaten Kolaka yang berlangsung selama satu hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan dan masyarakat Kabupaten Kolaka tentang program BIPA dan produk-produknya.

Dalam sambutannya, Kepala KBST, Uniawati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan aksi nyata KBST sebagai unit pelaksana teknis Badan Bahasa dalam mengimplementasikan salah satu program prioritas yaitu penginternasionalan bahasa Indonesia. Dia juga menyampaikan rasa optimis bahwa program BIPA dapat terlaksana di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Sejak tahun 2022, beberapa universitas di Kota Kendari telah membangun kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri dan ada juga mahasiswa asing yang datang belajar bahasa Indonesia di Kendari. Tapi, saya belum tahu, apakah universitas di Kolaka, yaitu USN, juga telah bekerja sama dengan universitas di luar negeri. Harapannya nanti bisa bertemu dengan pihak universitas untuk berdiskusi tentang hal ini,” ujar Uniawati.

Baca Juga:  Kisah Muliani, Wanita asal Konawe yang Sukses Bangun Bisnis Fesyen di Kalsel

Dia juga berharap pihak pemerintah daerah dapat melibatkan KBST untuk berdialog dengan beberapa perusahaan asing yang ada di Kolaka tentang pengajaran BIPA.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten