Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Wujudkan Cita-Cita Alm. La Ode Barhim, Keluarga Buka TPQ di Muna

Wujudkan Cita-Cita Alm. La Ode Barhim, Keluarga Buka TPQ di Muna
Persemian TPQ La Ode Barhim di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (22/2/2024).

Muna – Keluarga mendiang Almarhum (Alm.) La Ode Barhim membuka Tempat Pendidikan Quran (TPQ) sebagai perwujudan cita-citanya semasa hidup.

TPQ tersebut berlokasi di rumah kediaman beliau yang beralamat di Jalan Ir. Juanda, Kelurahan Jompi, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mengambil lokasi di pendopo rumah, keluarga yang diwakili istri Alm. La Ode Barhim, Nuraini Barhim, meresmikan penggunaan TPQ tersebut di hadapan sanak family, anak-anak peserta TPQ, dan masyarakat sekitar pada Kamis (22/2/2024).

Istri La Ode Barhim, Nuraini Barhim, saat berada di depan TPQ La Ode Barhim di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Istri La Ode Barhim, Nuraini Barhim, saat berada di depan TPQ La Ode Barhim di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (22/2/2024).

Saat diwawancarai, Nuraini Barhim, mengatakan TPQ tersebut merupakan cita-cita besar sang suami semasa hidupnya. Untuk itu, pihaknya sebagai keluarga menunaikan keinginan tersebut yang harapannya bisa menjadi amalan jariyah kepada beliau.

“TPQ ini merupakan cita-cita dari suami saya, di mana TPQ ini akan digunakan bagi kepentingan masyarakat sekitar terutama anak-anak,” katanya.

Nuraini bercerita, dua bulan sebelum La Ode Barhim meninggal, beliau sudah memanggil notaris untuk pembuatan akte pendirian TPQ. Hal itu dilakukan karena beliau merasa, melalui Al-Qur’an anak-anak di sekitar kediaman beliau bisa lebih dekat dengan Allah Swt. dan bisa semakin mencintai Al-Qur’an itu sendiri.

“Untuk sementara di sini dulu (Kelurahan Jompi), insyaallah nanti kita akan kembangkan ke tempat lain,” tambahnya.

Baca Juga:  Mabuk Usai Pesta Miras, 2 Mahasiswa di Kendari Terlibat Adu Mulut hingga Berujung Penikaman

“Semoga saja ini, bapak bisa tersenyum di atas sana, karena cita-citanya pelan-pelan bisa kami wujudkan,” harapnya.

TPQ ini memiliki sejumlah pendamping yang didukung langsung dari Kementerian Agama setempat. Nantinya anak-anak yang menjadi peserta TPQ akan didampingi para penyuluh yang telah tersertifikasi.

Bahrim sendiri merupakan jenderal purnawirawan TNI yang lahir di Raha, Kabupaten Muna pada 5 Mei 1960 silam. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (8/1/2024) lalu, Bahrim sempat menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Partai Gerindra Sultra.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten