Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Festival Kande Kandea Masuk Kalender Nasional, Dilaksanakan selama 3 Hari di Buteng

Festival Kande Kandea Masuk Kalender Nasional, Dilaksanakan selama 3 Hari di Buteng
Suasana kegiatan Pakande-kandea. Foto: JGS Gubernur Sultra. (4/7/2022).

Buton TengahFestival Kande Kandea menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam kalender nasional atau kegiatan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI). Kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari yaitu pada 27 – 29 April 2023 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Mengutip unggahan resmi Kemenparekraf RI, Festival Kande Kandea masuk pada kegiatan nasional bulan April bersama dengan sejumlah kegiatan nasional lainnya yakni Festival Semarapura, Bali dan Seba Baduy, Banten.

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Buteng, Rahayu Yoseph Paulus menjelaskan bahwa tradisi Kande Kandea merupakan pesta rakyat tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Tolandona untuk menyambut dan merayakan kemenangan para kesatria yang bertugas menjaga keutuhan wilayah Kesultanan Buton.

“Dalam tradisi yang sampai saat masih terpelihara dengan baik sampai sekarang di mana warga masyarakat memberikan sebagian dari apa yang mereka peroleh sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt.,” katanya kepada Kendariinfo, Kamis (6/4/2023).

Kegiatan yang akan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Tolandona ini akan menghadirkan berbagai macam pertunjukan adat hingga sajian kuliner khas Buton.

Rahayu menambahkan, Kande Kandea terdiri atas dua yakni Kande Kandea itu sendiri yang berarti pesta makan formal yang akan dilakukan pada siang hari setelah sajian tari tradisional kolosal dan Kande Tompa yaitu ajang muda-mudi untuk mencari jodoh yang akan dilakukan pada malam hari.

Baca Juga:  Vicky Shu Akan Meriahkan Malam Grand Final Duta Wisata Indonesia 2023 di Kendari

“Kami berharap persiapan bisa segera matang dan semoga acaranya bisa sukses,” tutupnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten